Sabtu 13 Mar 2021 19:02 WIB

Sejarah Perebutan Yerusalem Sejak Era Kekaisaran Asiria

Yerusalem merupakan wilayah konflik atau wilayah perebutan sejak zaman dulu.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Sejarah Perebutan Yerusalem Sejak Era Kekaisaran Asiria. Orang-orang menghadiri perayaan Isra dan Mi'raj, yang menandai kenaikan Nabi Muhammad di kompleks yang dihormati oleh orang-orang Yahudi sebagai Temple Mount dan Muslim sebagai Tempat Suci di Kota Tua Yerusalem pada 11 Maret 2021. The Dome of the Rock terlihat di latar belakang.
Foto:

"Inggris yang menjadi protektor wilayah (Palestina) tersebut selama 30 tahun, kemudian di situ berdasarkan deklarasi Balfour yang disetujui oleh Inggris mendatangkan jutaan orang Yahudi yang ada di Eropa untuk menetap di Palestina. Lalu, pada 1948 (Yahudi) Israel (mengeklaim) merdeka," kata Bunyam.

Ia mengingatkan, kalau melihat sejarah perjuangan di Palestina terjadi silih berganti penguasa. Oleh sebab itu, umat Islam jangan putus asa karena perjuangan seperti zaman Perang Salib saja memakan waktu 200 tahun, setelah itu Yerusalem berhasil dikuasai oleh Islam. 

 

"Kita harus berpikir apa yang harus kita lakukan pada masa yang akan datang. Kita semua tahu dalam perjuangan Palestina, kita melihat ada dalam agama Islam. Apabila umat Islam melihat kemungkaran, ubahlah dengan tanganmu, yaitu dengan hard power. Apabila tidak mampu, ubah dengan ucapan, ini soft power, kalau tidak mampu ubah dengan hatimu, ini power yang paling lemah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement