Kamis 25 Feb 2021 18:27 WIB

Serangan Rasial pada Muslimah Kulit Hitam Marak di Edmonton

Pelaku kebencian terhadap Muslimah tidak segan melakukan kekerasan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Serangan Rasial pada Muslimah Kulit Hitam Marak di Edmonton
Foto:

Pada Desember juga, seorang wanita kulit hitam berusia 23 tahun yang mengenakan jilbab memasuki pintu tenggara stasiun LRT Southgate ketika dia didekati oleh seorang wanita yang tidak dikenalnya. Tanpa diprovokasi, polisi mengatakan tersangka diduga mencoba memukul kepala wanita itu dengan tas belanja sambil meneriakkan kata-kata kotor bermotif rasial padanya.

Seorang wanita berjilbab yang sedang menunggu di dalam pusat transit Universitas Alberta juga pernah didekati oleh pria yang tidak dikenalnya. Polisi mengatakan pria itu membuat komentar rasial dan menjadi lebih agresif terhadap korban yang berusia 19 tahun itu.

"Dia berpose seolah-olah dia akan menyerangnya," kata polisi. 

Kemudian, ada juga kasus yang menimpa seorang wanita yang mengenakan burka saat berjalan di trotoar di area 100 Street dan 82 Avenue ketika dia didekati oleh seorang pria tak dikenal yang menghentikannya. Pelaku berteriak dan mengumpat kepada korban lalu mendorongnya ke tanah.

“Jelas masih banyak yang harus dilakukan. Kita perlu melihat EPS mengambil tindakan konkret untuk mengatasi tren insiden bermotif kebencian, rasialisme dan islamofobia baru-baru ini, terutama terhadap wanita Muslim kulit hitam, melalui rencana tindakan yang jelas. Ini mungkin memerlukan tinjauan terhadap kebijakan dan prosedur internal yang berhubungan dengan pelaporan insiden semacam itu dan asupan oleh petugas polisi,” kata Direktur Hukum NCCM Sameha Omer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement