Selasa 02 Feb 2021 13:12 WIB

Parlemen Prancis Perdebatkan RUU Mengekang Radikalisme

Parlemen Prancis Perdebatkan RUU Mengekang Radikalisme Islam.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
 Parlemen Prancis Perdebatkan RUU Mengekang Radikalisme. Foto:  Muslim Prancis serukan stop Islamofobia
Foto:

Darmanin menggemakan presiden dalam pidato pembukaannya kepada anggota parlemen. "Negara kami menderita penyakit separatisme, pertama dan terutama separatisme Islamis yang seperti gangren yang menginfeksi persatuan nasional kami," kata dia.

Adapun Darmanin merupakan seorang anggota sayap kanan dari partai sentris Macron. Dia menjalankan misinya untuk mengusulkan undang-undang dengan semangat, dan menulis sebuah buku pendek yang akan dirilis dalam beberapa hari ke depan, "Manifesto for Secularism".

Berbagai serangan di Prancis disebut dilakukan oleh ekstremis Islam menjadi latar belakang RUU itu. Rancangan itu berlaku untuk semua agama. Akan tetapi beberapa Muslim mengatakan undang-undang tersebut, sekali lagi menunjuk pada Islam.

Sementara itu, Undang-undang yang diusulkan merupakan salah satu aspek dari tawaran Macron untuk melakukan apa yang para pendahulunya coba dan gagal lakukan, yakni menciptakan Islam Prancis yang dibuat sesuai ukuran.

Secara terpisah, saluran resmi pemerintah, Dewan Kepercayaan Muslim Prancis (CFCM) didorong untuk membuat piagam prinsip-prinsip Islam Prancis. Hal ini diselesaikan bulan lalu, setelah banyak perselisihan di antara federasi Muslim.

Para pemimpin Muslim tidak menonjolkan diri saat debat dibuka. Dalam hal-hal kecil dan besar, RUU tersebut berupaya mengawasi fungsi asosiasi dan masjid, termasuk pembiayaan asing, serta bertujuan untuk memasang pintu masuk ideologi Islam dalam kehidupan Muslim.

Kepala CFCM, Mohammed Moussaoui mengatakan pada sidang komisi parlemen pada Januari, bahwa pengawasan baru asosiasi dalam RUU itu berguna, diperlukan untuk melawan mereka yang ingin menginstrumentalisasi asosiasi untuk melawan nilai-nilai Prancis. Namun, ia menyatakan keprihatinan bahwa pejabat dapat menggunakan alat ini untuk mengganggu perkumpulan, dan murid yang baik akan mengikuti aturan.

Di sisi lain, Pimpinan Yayasan Islam, sebuah organisasi sekuler yang mewakili Islam progresif, menyebut undang-undang yang diusulkan itu tidak adil tapi diperlukan.

Di antara 51 pasal, RUU tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa pegawai layanan publik menghormati netralitas dan sekularisme, sekaligus melindungi mereka dari ancaman atau kekerasan.

Dalam upaya untuk melindungi anak-anak dari indoktrinasi dan menghapus underground school, RUU tersebut mengharuskan semua anak dari usia tiga tahun untuk bersekolah di sekolah biasa. Menurut media Prancis, Sekitar 50 ribu anak bersekolah di rumah pada 2020. Tetapi jumlah sekolah klandestin, di mana anak-anak dilaporkan diindoktrinasi dalam ideologi radikal tidak diketahui.

Di antara poin-poin penting lainnya, RUU tersebut bertujuan untuk mengawasi asosiasi. Ini termasuk mereka yang sering berkegiatan di masjid, dengan langkah-langkah termasuk yang bertujuan untuk memastikan bahwa orang luar tidak dapat mengambil kendali atas suatu asosiasi.

Tindakan lain mengharuskan asosiasi yang menerima dana negara untuk menandatangani kontrak komitmen Republik, yang memastikan mereka menghormati nilai-nilai Prancis. Pendanaan harus diganti jika kontrak rusak. Meskipun pendanaan asing untuk masjid tidak dilarang, namun jumlah yang lebih dari 10 ribu euro harus diumumkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement