Senin 01 Feb 2021 19:53 WIB

Poster Ka'bah dan Bendera LGBT, Mahasiswa Turki Ditahan

Tindakan tersebut dinilai sebagai provokasi.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Poster Kabah dan Bendera LGBT, Mahasiswa Turki Ditahan
Foto:

Situs yang diagungkan ini lantas dalam sebuah poster ditempatkan sebuah makhluk mitos setengah wanita dan setengah ular yang ditemukan dalam cerita rakyat Timur Tengah di situs pemujaan bersama dengan bendera LGBT.

Kantor gubernur Istanbul mengatakan, lima orang pada awalnya ditahan dan polisi sedang mencari dua tersangka lagi. Satu orang dibebaskan, dua ditempatkan dalam tahanan rumah dan dua dipenjara menunggu persidangan.

Polisi menggeledah klub mahasiswa seni rupa dan LGBTI+ di universitas tersebut. Polisi juga menemukan buku tentang kelompok Kurdi yang dilarang dan bendera pelangi.

Melih Bulu, rektor yang diprotes, menulis di Twitter bahwa serangan terhadap nilai-nilai Islam tidak dapat diterima dan tidak memiliki tempat dalam nilai-nilai universitas. Kelompok mahasiswa Bogazici Solidarity mengatakan, pameran lebih dari 300 karya seni sebagian untuk memprotes rektor baru dan mengakui mahasiswa Muslim mempermasalahkan poster tersebut.

“Semua karya seni terbuka untuk kritik. Tapi mengadili seni hanyalah pembatasan kebebasan berekspresi," bunyi pernyataan mereka.

 

Kelompok tersebut menekankan nilai pluralisme di universitas dan mengatakan ujaran kebencian berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender tidak dapat diterima. Kelompok LGBTI+ universitas men-tweet bahwa, mereka berdiri dengan teman-teman mereka dan mengatakan mereka menolak rektor baru yang menargetkan mahasiswanya sendiri.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement