Sabtu 30 Jan 2021 20:38 WIB

Zakat yang Angkat Derajat Pendidikan Para Mustahik

Program Beasiswa Baznas wujud manfaat zakat untuk pendidikan mustahik

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Program Beasiswa Baznas wujud manfaat zakat untuk pendidikan mustahik. Zakat untuk pendidikan (ilustrasi).
Foto:

Salah satu penerima beasiswa Baznas, Imam Haramaini, pun mengenang bagaimana dia menjadi salah satu penerima beasiswa Baznas. Pada 2019, Imam mencoba peruntungan untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi Al-Azhar Mesir dan akhirnya diterima. Karena berasal dari kalangan keluarga ekonomi yang minim, Imam pun mengajukan proposal beasiswa ke Baznas. “Dan alhamdulillah, saya sujud syukur sekali dipilih Baznas sebagai salah satu penerima beasiswa,” kata Imam.

Mahasiswa kelahiran Cirebon, 23 Mei 1999 ini menceritakan bagaimana kondisi ekonomi keluarga yang tak mungkin membiayai pendidikannya secara mandiri ke luar negeri. Ayah Imam diketahui bekerja sebagai guru di salah satu pesantren di Sukabumi, sementara ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga. Maka meraih beasiswa menjadi salah satu bekal krusial yang perlu diraih Imam agar dapat melanjutkan pendidikan. 

Bersyukurnya, Imam diterima di Fakultas Ushuluddin Al-Azhar Cairo pada tahun ajaran 2019-2020. Atas penerimaan itu, bantuan biaya pendidikan Baznas diberikan berupa pemotongan tiket pesawat keberangkatan Indonesia-Mesir sebesar 50 persen, dan biaya tempat tinggal serta kebutuhan hidup selama menjalani pendidikan setahun penuh diraih Imam. 

Karena Kementerian Agama mengeluarkan penundaan pengiriman mahasiswa Indonesia ke luar negeri tahun ajaran 2020-2021 akibat pandemi Covid-19, Imam pun menyebut Baznas mengalihkan pendanaan tersebut kepada para penerima beasiswa sebelumnya. “Jadi totalnya, saya menerima beasiswa Baznas selama dua tahun. Alhamdulillah,” kata dia.

Melihat bagaimana peran zakat melalui beasiswa begitu dirasakan oleh dirinya, Imam pun bercita-cita untuk menjadi muzaki di masa depan. Mahasiswa berusia 22 tahun ini menyadari bahwa menjadi muzaki dapat memberikan manfaat yang besar terhadap kelangsungan pembangunan karakter anak bangsa.

 

“Saya ingin nanti kalau sudah lulus, saya bisa bermanfaat atas ilmu yang saya dapatkan. Saya ingin membantu keluarga dari sisi ekonomi, saya ingin berbagi seperti muzaki kepada mustahik,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement