Senin 11 Jan 2021 12:59 WIB

Larangan Visa UEA untuk 13 Negara Muslim, Intervensi Israel?

Para pengamat meragukan larangan visa oleh UEA karena faktor kesehatan

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Para pengamat meragukan larangan visa oleh UEA karena faktor kesehatan, Lanskap Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab
Foto:

Meskipun tidak ada bukti nyata bahwa sikap anti-Israel Pakistan adalah dasar dari keputusan larangan visa ini, tidak dapat disangkal bahwa UEA menekan negara-negara mayoritas Muslim yang lebih miskin untuk mengikuti jejak Abu Dhabi dalam hal membangun diplomatik penuh dan hubungan dengan negara Yahudi. 

Dilaporkan, UEA tidak hanya diduga telah menekan Pakistan untuk membuka hubungan formal dengan Israel, tetapi juga Arab Saudi.

Dengan 13 negara tersebut, UEA memiliki hubungan bilateral yang unik. Kendati demikian pasca larangan visa, masih belum jelas bagaimana pelarangan ini akan berdampak pada setiap hubungan antarnegara, serta kemungkinan besar dampak politik dari satu negara ke negara lain. 

Menurut pakar, jawabannya tergantung pada bagaimana negara-negara yang sebagian besar Muslim ini akan merespons. Yang terpenting lagi untuk diperhatikan, adalah sejauh mana larangan visa ini terbukti bersifat sementara. 

Terlepas dari itu, tanpa UEA menjelaskan mengapa mereka memilih untuk memberlakukan larangan visa ini, ada lebih banyak potensi gesekan yang tumbuh antara 13 negara ini dan Abu Dhabi.

Sumber:    https://insidearabia.com/whats-with-the-uaes-muslim-ban/    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement