Senin 11 Jan 2021 12:59 WIB

Larangan Visa UEA untuk 13 Negara Muslim, Intervensi Israel?

Para pengamat meragukan larangan visa oleh UEA karena faktor kesehatan

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Para pengamat meragukan larangan visa oleh UEA karena faktor kesehatan, Lanskap Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab
Foto:

Bahkan menurut Belhoul, jika ada faktor kesehatan Emirat dapat menolak visa untuk kewarganegaraan tertentu dan dapat disangkal bahwa pertimbangan keamanan terus-menerus menjadi yang terdepan dalam pengambilan keputusan UEA.

Jika alasannya demikian, ini sangat relevan dengan larangan visa ini. Mengatur negara Teluk yang stabil di wilayah yang penuh gejolak, para pejabat Emirat berusaha keras untuk mempertahankan kontrol ketat atas negara mereka. 

Mayoritas penduduk UEA adalah orang asing yang memiliki loyalitas yang jauh lebih sedikit dari warga negara Emirat ke keluarga kerajaan negara itu. 

Kekhawatiran tentang pukulan balik mungkin berkontribusi pada larangan visa ini, terutama mengingat intervensi militer UEA di Libya dan perang saudara di Yaman, dukungan untuk kampanye "tekanan maksimum" Presiden AS Donald Trump terhadap Iran, kebijakan luar negeri anti-Turki, normalisasi hubungan dengan Israel, dan dukungan untuk pernyataan kontroversial Presiden Prancis Emmanuel Macron tentang Islam dan Muslim.

Dalam beberapa tahun terakhir, dari 13 negara ini telah mengalami friksi geopolitik yang meningkat dengan Abu Dhabi. Hal ini paling jelas terlihat dengan Turki, yang menurut beberapa ahli berada dalam "Perang Dingin" dengan UEA. Dari perang saudara Libya, ke Tanduk Afrika, ke Suriah, Turki dan Emirat menentang pemangku kepentingan dalam banyak konflik dan perselisihan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement