Kamis 07 Jan 2021 17:26 WIB

Potensi RI Pimpin Islam Moderat Asia Menurut Media Asing

Indonesia berpotensi menjadi contoh Islam moderat di Asia

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Indonesia berpotensi menjadi contoh Islam moderat di Asia. Umat Islam Indonesia (ilustrasi)
Foto:

Pemerintah bulan lalu  melarang FPI. Larangan itu datang beberapa pekan pemimpinnya Habib Rizieq  kembali ke Indonesia dari pengasingan diri di Arab Saudi.  Habib Rizieq ditangkap karena diduga melanggar aturan Covid-19.

Pelarangan Hizbut Tahrir dan FPI berdasarkan keputusan presiden yang memungkinkan pemerintah untuk melewati prosedur hukum dan mempercepat pelarangan kelompok yang dianggap sebagai ancaman keamanan.

Wakil Menteri Kehakiman Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan bahwa FPI dilarang karena sekitar 30 anggota kelompok tersebut telah dihukum atas tuduhan terorisme dan karena kelompok tersebut menentang ideologi negara Indonesia, Pancasila, yang menekankan persatuan dan keragaman.

Pelarangan FPI menyusul pemilihan KH Miftachul Akhyar, sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang berpengaruh untuk menggantikan Ma'ruf Amin, Wakil Presiden Jokowi yang di masa lalu mengambil sikap keras terhadap minoritas dan mendukung posisi Muslim Sunni Ortodoks. Kiai Akhyar adalah Rais Aam di PBNU saat ini.n Ratna Ajeng Tejomukti

Sumber: https://responsiblestatecraft.org/2021/01/05/indonesia-potentially-set-to-take-on-china-and-claim-leadership-of-moderate-islam/   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement