Jumat 25 Dec 2020 09:20 WIB

Indonesia dan Oman di Pusaran Spekulasi Normalisasi Israel

Netanyahu menyebut normalisasi hubungan Israel akan diumumkan lebih cepat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Indonesia dan Oman di Pusaran Spekulasi Normalisasi Israel. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu
Foto:

Diikuti mantan presiden Israel Shimon Peres pada 2000 ketika dia masih menjadi menteri kerja sama regional. Ketua Partai Yamina, Naftali Bennett juga pernah mengunjungi Indonesia saat menjadi menteri ekonomi pada 2013. Mantan menteri luar negeri Israel Silvan Shalom bertemu dengan mitranya dari Indonesia di New York pada 2005.

Wakil Presiden Kamar Dagang Israel-Indonesia Emanuel Shahaf mengatakan meskipun organisasinya telah ada sejak 2009, dia tidak membayangkan sampai sekarang akan ada potensi untuk normalisasi hubungan. Dua pekan lalu dia menyebut itu tidak benar.

Namun, sekarang dia percaya setidaknya ada 50 persen kemungkinan itu dapat terjadi. Dia telah lama percaya pada potensi ekonomi dari hubungan dengan negara tersebut dan organisasinya membantu orang Israel yang ingin berbisnis di Indonesia.

Israel memiliki perwakilan perdagangan di Singapura yang juga menangani masalah ini. Hubungan dengan Israel akan menguntungkan ekonomi Indonesia, khususnya dalam sektor pertanian, kedokteran, dan energi.

“Jika Arab Saudi menormalisasi hubungan dengan Israel, akan lebih mudah bagi Indonesia untuk melakukannya. Sebab, Indonesia melihat ke Makkah untuk bimbingan spiritual dan tindakan Arab Saudi mempengaruhi kebijakan publik Indonesia,” kata Shahaf.

 

https://www.jpost.com/israel-news/netanyahu-says-more-peace-deals-soon-amid-indonesia-oman-speculation-653192

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement