Jumat 25 Dec 2020 09:20 WIB

Indonesia dan Oman di Pusaran Spekulasi Normalisasi Israel

Netanyahu menyebut normalisasi hubungan Israel akan diumumkan lebih cepat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Indonesia dan Oman di Pusaran Spekulasi Normalisasi Israel. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu
Foto:

Menteri Intelijen Israel Eli Cohen telah mengatakan tentang kemungkinan kesepakatan itu dengan Indonesia, Oman, Mauritania, Niger dan Arab Saudi. Ada negara Asia lain yang tidak disebutkan, beberapa orang menganggap negara itu Pakistan.

Sumber diplomatik mengatakan kepada The Jerusalem Post, Indonesia dan Oman adalah negara yang paling mungkin menjalin hubungan dengan Israel. Dia mencatat pekerjaan atas nama normalisasi dengan kedua negara itu berada pada tahap yang lebih maju daripada dengan negara lain.

Oman memiliki hubungan tingkat rendah dengan Israel dari 1994-2000. Sementara Indonesia tidak pernah memiliki hubungan dengan Israel, tetapi memiliki hubungan rahasia, kontak perdagangan tingkat rendah, dan hubungan antara para pemimpin negara.

Indonesia memiliki hubungan pertahanan informal sejak 1970-an. Para pemimpin Indonesia selama beberapa dekade memandang Israel sebagai mitra dagang potensial, tetapi tidak mengambil langkah lebih.

Beberapa pejabat Israel juga pernah mengunjungi Indonesia. Misal, mantan perdana menteri Israel Yitzhak Rabin pernah mengunjungi Indonesia pada 1993.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement