Senin 28 Sep 2020 21:49 WIB

Ketika Manusia Lebih Kuat dari Gunung, Api, Air, dan Angin

Manusia bisa menjadi makhluk paling kuat dari gunung, api, air, dan angin.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Manusia bisa menjadi makhluk paling kuat dari gunung, api, air, dan angin. Ilustrasi Sedekah
Foto: dok. Republika
Manusia bisa menjadi makhluk paling kuat dari gunung, api, air, dan angin. Ilustrasi Sedekah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alam semesta termasuk di dalamnya semua benda hidup dan benda mati yang tampak ataupun  gaib adalah ciptaan Allah SWT.

Di antara makhluk Allah di alam semesta tersebut adalah bumi, gunung, api, air, dan angin. Diceritakan dalam sabda Nabi Muhammad SAW, suatu ketika para malaikat bertanya kepada Allah SWT tentang makhluk apa yang lebih kuat dari gunung, api, air, dan angin?

Baca Juga

عن أنس بن مالك عن النبي صلى الله عليه وسلم قال لما خلق الله الأرض جعلت تميد فخلق الجبال فعاد بها عليها فاستقرت فعجبت الملائكة من شدة الجبال قالوا يا رب هل من خلقك شيء أشد من الجبال قال نعم الحديد قالوا يا رب فهل من خلقك شيء أشد من الحديد قال نعم النار فقالوا يا رب فهل من خلقك شيء أشد من النار قال نعم الماء قالوا يا رب فهل من خلقك شيء أشد من الماء قال نعم الريح قالوا يا رب فهل من خلقك شيء أشد من الريح قال نعم ابن آدم تصدق بصدقة بيمينه يخفيها من شماله

Anas bin Malik mengatakan Nabi SAW bersabda, "Tatkala Allah menciptakan bumi, maka bumi bergoncang-goncang, kemudian Allah menciptakan gunung-gunung lalu meletakkannya di atas bumi tersebut sehingga bumi menjadi tenang. Dan para malaikat merasa kagum terhadap kuatnya gunung-gunung tersebut."

 

Mereka (para malaikat) berkata, "Wahai Tuhanku, apakah di antara makhluk-Mu terdapat sesuatu yang lebih kuat daripada gunung?" Allah berfirman, "Ya, api."

Kemudian mereka berkata, "Wahai Tuhanku, apakah di antara makhluk-Mu terdapat sesuatu yang lebih kuat daripada api?" Allah berfirman, "Ya, air."

Mereka berkata, "Wahai Tuhanku, apakah di antara makhluk-Mu terdapat sesuatu yang lebih kuat daripada air?" Allah berfirman, "ya, angin."

Mereka berkata, "Wahai Tuhanku, apakah di antara makhluk-Mu terdapat sesuatu yang lebih kuat daripada angin?"

Allah berfirman, "Ya, anak Adam. Ia bersedekah dengan sebuah sedekah dengan tangan kanannya dan menyembunyikannya dari tangan kirinya."

Hadits ini diriwayatkan Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah at-Tirmidzi. Dia mengatakan, derajat hadits ini adalah hadits gharib, dia tidak mengetahuinya sebagai hadits marfu' kecuali dari sisi ini.

Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa keturunan Nabi Adam yang melakukan sedekah secara sembunyi-sembunyi, tanpa diketahui orang lain adalah makhluk yang lebih kuat dari gunung, api, air, dan angin. Tentu terdapat makna yang perlu dikaji dan direnungkan dalam hadits itu untuk diambil hikmahnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement