Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Pemuda Hidayatullah Perlu Terlibat Aktif Dakwah Literasi

Sabtu 22 Feb 2020 07:35 WIB

Red: Irwan Kelana

Suasana Muswil Pemuda Hidayatullah Wilayah Papua Barat.

Suasana Muswil Pemuda Hidayatullah Wilayah Papua Barat.

Foto: Dok Pemuda Hidayatullah
Jurnalistik dakwah literasi di Papua Barat dapat ditingkatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIMANA -- Pemuda Hidayatullah Wilayah Papua Barat baru saja menuntaskan agenda keorganisasian Musyawarah Wilayah (Muswil) di Desa Coa,  Kaimana , Papua Barat, Kamis  (20/2).

Namun, memanfaatkan kehadiran Ketua Umum, Imam Nawawi, para musyawirin (peserta  Muswil) memaksimalkan waktu dengan menggelar training jurnalistik, Jumat  (21/2).

Dalam uraiannya, Imam Nawawi yang merupakan penulis produktif mengatakan bahwa jurnalistik dakwah literasi di Papua Barat dapat ditingkatkan oleh Pemuda Hidayatullah di Papua Barat.

"Jurnalistik ini adalah skill penting, karena akan memberi warna informasi dan wacana dunia Islam di Papua Barat. Lebih dari itu, jurnalistik dapat dijadikan sarana ikut serta meningkatkan dakwah literasi umat dan elemen muda, khususnya di Papua Barat," papar penulis buku Mindset Surga itu dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Menurutnya, jurnalistik adalah skill yang hanya membutuhkan pembiasaan yang sungguh-sungguh.

"Menghadirkan karya jurnalistik tidak dibutuhkan skill sampai tingkat pakar, tapi dapat dimulai dengan pembiasaan yang sungguh-sungguh. Tulis semua fakta dan kegiatan yang ada di Papua Barat. Lakukan sesering mungkin, bahkan silaturahim dengan pihak penting, seperti MUI, bupati, dan beragam unsur pemerintah dan masyarakat lain.  Jadikan itu sebagai produk jurnalistik yang sejuk dan inspiratif," urainya.

Para peserta yang hadir dari seluruh kabupaten/kota di Papua Barat itu merasa kegiatan ini sangat menarik.

"Jujur ini sangat penting dan menarik. Saya jadi termotivasi untuk bisa menulis dan menghadirkan informasi yang positif di tengah-tengah masyarakat di Papua Barat. Sebuah hal yang tentu sangat penting," ungkap Abdullah, pria asli Papua yang kini menjadi Pengurus Daerah Pemuda Hidayatullah Daerah Fakfak.

Melalui jurnalistik, Imam menegaskan, Pemuda Hidayatullah dapat mengambil peran pendorong kemajuan umat dan bangsa.

"Hadirlah di tengah-tengah umat, dan melalui produk jurnalistik kita dapat ikut serta mendorong kemajuan bangsa dan umat, setidaknya dalam hal literasi," tutupnya.

Muswil Pemuda Hidayatullah Papua Barat berhasil menetapkan M. Nur Rumain sebagai ketua Pemuda Wilayah Hidayatullah Papua Barat. Pria asli Fakfak itu mengaku siap mengemban amanah dakwah dan pendidikan di kalangan pemuda di Papua Barat.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA