Jumat 08 Nov 2019 21:00 WIB

Adab kepada Nabi SAW

Adab kita kepada Nabi SAW, harus dibuktikan dengan meyakini kenabiannya,

Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Hasan Basri Tanjung

Manakala bulan Rabiul Awal tiba, kerinduan kepada Nabi Muhammad SAW pun semakin membara. Kelahiran manusia pilihan itu pada 12 Rabiul Awal, selalu disambut dan diramaikan dengan peringatan Maulid Nabi di berbagai penjuru negeri. Tiada lain, kecuali menampakkan kegembiraan dan syukur, sekaligus mengenang perjuangannya menebarkan Islam di muka bumi.

Momentum yang membuat penulis teringat akan masa kecil dahulu di kampung halaman, Labusel Sumatra Utara. Sebelum tausiah Tuan Guru, selalu dibacakan Kitab Maulid al-Barzanji karya Sayyid Ja'far al-Barzanji. Untaian syair nan indah disenandungkan dengan merdu dan mendayu, membuat jamaah larut dalam haru. Bahkan, tidak sedikit yang berlinang air mata karena kagum kepada junjungan alam dan teladan umat manusia sepanjang zaman. (QS 33:21).

Apalagi, ketika sampai pada bait, "hadhoro ummahu lailata maulidihii asiatu wa maryamu fii niswatin minal hadziiratil qudsiyyah. Wa akhaza haal makhadu fa waladathu shallallahu 'alaihi wasallama nuuran yatala`lu sanaah". (Maka, pada malam kelahirannya, datanglah Siti Asiyah dan Siti Maryam bersama para bidadari suci dari surga menemui ibunya. Kemudian, tibalah saat kelahirannya, Siti Aminah melahirkan Nabi SAW yang bergelimang cahaya). Lalu, semua hadirin pun berdiri sambil melantunkan shalawat dengan penuh kesyahduan.

Dalam sebuah perkuliahan di Kampus IUQI Bogor beberapa hari lalu, seorang mahasiswa sempat bertanya. "Untuk apa bershalawat kepada Nabi SAW, jika Beliau telah dilimpahi rahmat dan ampunan?" Sejatinya, selain menaati perintah Allah SWT, juga menunjukkan adab dan penghormatan. Tentunya, shalawat kita tidak akan menambah kemuliaannya, justru akan mengalirkan kebaikan kepada kita, baik di dunia maupun di akhirat nanti (syafa'at).

Sebab, Allah SWT telah berfirman, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya" (QS 33:56). Prof Buya Hamka dalam Tafsir al-Azhar menjelaskan, makna shalawat sebagai rasa hormat kepada Nabi SAW. Bukan hanya di kala hidup, melainkan juga setelah wafatnya. Ketika Allah bershalawat, itu berarti pujian, berkah, dan rahmat. Malaikat bershalawat bermakna mohon ampunan Allah SWT.

Abu Hurairah RA meriwayatkan dari Nabi SAW, "Barang siapa yang bershalawat untukku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim). Karena itu, ketika nama beliau disebutkan, sepatutnya kita sahut dengan shalawat dan salam serta keberkahan. "Sesungguhnya manusia yang paling bakhil ialah ketika disebut namaku di sisinya, tapi dia tidak mengucapkan shalawat untukku." (HR Ismail al- Qadhi).

Adab kita kepada Nabi SAW, harus dibuktikan dengan meyakini kenabiannya, mengikrarkan, menyebut namanya, menjalankan sunah, mengajarkan, dan menceritakan tentang dirinya. Indikator adab yang paling terukur adalah pengamalan tujuh sunnah harian, yakni menjaga wudhu, shalat tahajud, shalat berjamaah, tadabur Alquran, shalat dhuha, puasa senin-kamis, dan sedekah.

Dengan kerendahan hati kita lantunkan shalawat kepadanya. "Yaa Nabi salam 'alaika, Yaa Rasul salam 'alaika, Yaa Habib salam 'alaika, shalawatullah 'alaika. Allahumma sholli wa sallim wa baarik 'alaih". Insya Allah, kerinduan hati akan terobati ketika duduk bersimpuh di makamnya, di Tanah Suci Madinah al- Munawwaroh, aamiin. Wallahu a'lam bish-shawab. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement