Senin 04 Nov 2019 05:00 WIB

Peran Strategis Muslim Kamboja

umat Muslim Kamboja mayoritas berasal dari bangsa Melayu Champa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Muslim Kamboja sedang silaturahim.
Foto:

Apa yang membuat Perdana Menteri Hun Sen sangat peduli terhadap Muslim Kamboja?

Muslim di negeri kami berperan sangat strategis. Ketika keadaan negara dan masyarakat yang kacau saat rezim Pol Pot berkuasa di Kamboja, Perdana Menteri lari dari Kamboja ke Vietnam. Saat itu, dia dikawal oleh orang-orang Islam. Ketika be liau ada masalah tertembak di bagian mata, ada juga orang Muslim yang membantunya. Dan ayah Hun Sen juga banyak berkawan dengan orang Islam karena dahulu kampungnya dekat dengan perkampungan komunitas Muslim.

Jadi begitulah di zaman Pol Pot. Perdana Menteri Hun Sen sendiri juga pernah mengatakan bahwa ayahnya saat itu juga tidak tidur di kampung orang Kamboja, tapi dia tidur di kampung orang Champa.

Itu yang menarik dari Perdana Menteri Hun Sen.Tapi tentu dia tidak hanya ingin peduli terhadap umat Islam, tapi juga terhadap umat beragama lainnya, Buddha, Kristen, dan semua rakyat Kamboja.

Bagaimana memandang konflik di Rohingya?

Pernah ada yang tanya kepada saya tentang Rohingya. Meskipun umat Islam dan Buddha di sana berkonflik, tapi hubungan umat Buddha dan Islam di Kamboja tetap baik dan sama-sama saling menghormati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement