Senin 04 Nov 2019 05:00 WIB

Peran Strategis Muslim Kamboja

umat Muslim Kamboja mayoritas berasal dari bangsa Melayu Champa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Muslim Kamboja sedang silaturahim.
Foto:

Bagaimana sejarah Melayu Champa?

Saya ceritakan singkat saja tentang Melayu Champa. Melayu Champa adalah penduduk asli kerajaan Champa yang kalau sekarang itu ada di Vietnam Tengah. Setelah itu, mereka akhirnya kehilangan negara. Akhirnya, semua Melayu Champa melarikan diri ke Kamboja, ke Thailand, ke Cina, ke Indonesia.

Kita beruntung karena setelah melarikan diri dari kerajaan Champa, kita punya raja yang baik untuk membiarkan umat Islam tinggal di Kamboja. Karena itu, kita umat Islam sekarang bisa tinggal di 25 provinsi di Kamboja.

Jadi, umat Islam sudah sejak lama tinggal di semua provinsi Kamboja, tidak berada di satu tempat. Mereka tinggal di Battambang, Phnom Penh, Provinsi Siem Reap, dan lain-lain. Setelah itu, orang melayu Champa akhirnya bisa tinggal di Kamboja selamanya.

Pada zaman perang melawan Prancis pada 1953, banyak Melayu Champa yang men jadi imigran ilegal. Tapi, karena orang Melayu Champa bisa bekerja sama dengan bangsa lain, kita kemudian berperang bersama melawan Prancis sampai akhirnya Prancis memberikan kemerdekaan kepada Kamboja.

Setelah itu, Raja Kamboja, Norodom Sihanouk memberikan keistimewaan kepada orang Melayu Champa untuk datang ke Kamboja pada waktu itu, 1954. Karena itulah sekarang orang Melayu Champa bisa mempunyai hak yang sama dengan orang Kamboja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement