Selasa 27 Aug 2019 15:37 WIB

Tangki Air Penyelamat Musibah Kekeringan

Ada 2.347 desa dari 95 Kabupaten di tujuh provinsi Indonesia terdampak kekeringan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi kekeringan.
Foto: ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Ilustrasi kekeringan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian wilayah di Indonesia sedang mengalami musibah kekeringan, dan jumlahnya tidak tanggung-tanggung yakni mencapai ribuan titik. Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Yogyakarta merasa simpati dengan kondisi tersebut, dan menginisiasi untuk berikan tangki air yang diharapkan dapat menjadi penyelamat dalam musibah tersebut.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut per 31 Juli 2019, ada 2.347 desa dari 95 Kabupaten di tujuh provinsi Indonesia, yang terdampak bencana kekeringan akibat musim kemarau tahun ini. Salah satunya adalah Dusun Nasri, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, dengan jumlah penduduk 304 jiwa yang terbagi dalam 97 KK.

Menurut Ketua RW 06, Dusun Nasri, Sumiko mengungkapkan, warga semakin sulit mencari air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, sementara bantuan dari luar nyaris belum ada. “Ada hanya sekali di awal tahun 2019, bantuan tersebut berasal dari BNPB Yogyakarta, setelah itu tidak ada lagi yang bantu Dusun kami ini,” tutur dia.

Dusun Nasri ini ikut terkena musibah kekeringan di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sekitar satu tahun terakhir, dusun ini sudah mengalami kekeringan sehingga kebutuhan pokok seperti air bersih sangat susah didapat.

 

Atas dasar tersebut, tim IZI Yogyakarta datang dengan membawa 20 tangki air bersih. Sumiko juga mengatakan, warganya sudah melakukan penggalangan dana untuk menanggulangi kekurangan air bersih ini.

“Warga mengumpulkan dana untuk membeli air bersih, itu juga harus mengantri sampai berhari-hari baru dapat air. Maklumlah bukan hanya Dusun Nasri yang mengalami kekeringan,” ungkap dia lagi.

Sementara itu, Kepala IZI Yogyakarta, Sutarto menyebut, apa yang mereka lakukan memang sudah menjadi kewajiban IZI untuk menyalurkan bantuan sebagaimana kebutuhan air bersih ini sangat penting bagi masyarakat, khususnya di Dusun Nasri.

“Sesuai moto, dari IZI yaitu memudahkan dan mimudahkan, memudahkan muzaki dalam menyaluran zakatnya dan masyarakat dimudahkan dengan adanya zakat ini,” kata Sutarto.

Ia juga berharap, dengan adanya bantuan air bersih ini bisa meringankan beban masyarakat Dusun Nasri dalam menghadapi musibah kekeringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement