Senin 19 Aug 2019 13:52 WIB

Seumur Hidup Baru Pertama Kali Menikmati Daging Kurban

Penyaluran hewan kurban oleh BMH menjadi kabar gembira bagi warga Desa Dowora.

Laznas BMH menyalurkan hewan kurban ke Desa Dowora, Halmahera Selatan.
Foto: Dok BMH
Laznas BMH menyalurkan hewan kurban ke Desa Dowora, Halmahera Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, HALMAHERA SELATAN -- Menikmati daging kurban bukanlah hal yang biasa dialami oleh masyarakat Desa Dowora. Sebuah desa dalam Kecamatan Gane Barat, Halmahera Selatan itu begitu jauh dari pusat kehidupan Provinsi Maluku Utara.

Karena itulah, Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH)  menjadikan Desa Dowora sebagai salah satu daerah penyaluran hewan kurban 1440 H.  “Ke Dowora ini sangat panjang perjalanannya. Dari Ternate menyeberang ke Sofifi dua jam pakai feri, kemudian lanjut darat tujuh  jam lamanya. Setelah itu, menyeberang lagi tiga  jam dan tim diombang-ambingkan ombak yang memang lagi tinggi,” terang Kepala BMH  Perwakilan Maluku Utara,  Arif Ismail, Ahad  (18/8).

Ia menambahkan, kondisi itu menjadikan mereka tak pernah tersentuh penyaluran hewan kurban. “Sehingga,  pada saat BMH ke desa yang warganya pelaut tangguh itulah, mereka merasakan lezatnya masakan daging,” kata Arif dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin  (19/8).

Hamadun, salah seorang warga desa menuturkan bahwa selama puluhan tahun sejak keberadaan desa tersebut sampai saat ini, warga belum pernah sama sekali menikmati daging kurban.

“Alhamdulillah baru  ini kami melaksanakan pemotongan hewan  kurban. Dan, sekarang inilah kami merasakan masakan daging,” ucapnya.

“Sejak moyang kami, sampai sekarang, baru pertama kali kami menikmati Lebaran Idul Adha dengan hewan kurban sebanyak ini,” imbuh Hamadun penuh kebahagiaan.

Penyaluran hewan kurban ke Desa Dowora benar-benar menjadi berkah tersendiri bagi warga. “Alhamdulillah, setelah diguncang gempa kita dapat berlebaran. Inilah mungkin satu hikmahnya,” seloroh Hamadun yang disambut tawa warga lainnya.

photo
Mengantarkan hewan kurban dari Ternate ke Desa Dowora memerlukan perjalanan panjang.

Momentum Idul Adha yang sempurna dengan hewan kurban benar-benar menjadi kabar gembira bagi seluruh warga desa.

“Syukur, Alhamdulillah, kami sangat apresiasi dan ucapan terima kasih tak terhingga kepada BMH dan SAR Hidayatullah atas kepeduliaannya kepada warga Desa Dowora khususnya, dan desa-desa lainnya yang terdampak gempa. Kami tidak bisa membalas yang lebih, hanya berdoa semoga Allah membalas yang lebih baik, BMH semakin maju, semakin dipercaya masyarakat dan pahala amal ibadahnya terus mengalir kepada petugas BMH dan para donatur,” ungkap Kepala Desa Dowora, Eli Saleh.

Masyarakat Desa Dowora memang terkenal tangguh, sebab mereka hidup di sebuah pulau yang tidak menyediakan sumber air bersih.

“Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga Dowora harus menyeberang ke Halmahera, itu memakan waktu tempuh enam jam pulang pergi. Sangat luar biasa kehidupan mereka,” tutup Arif Ismail.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement