Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Manfaatkan Teknologi untuk Idul Adha, DD Gandeng Tani Hub

Sabtu 20 Jul 2019 09:50 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Friska Yolanda

Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa

DD dan Tani Hub mendesain donasi 2,5 persen dari setiap transaksi pengguna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa bekerja sama dengan perusahan perintis (startup) sektor pertanian, Tani Hub, dalam rangka mendukung santunan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan. Penandatanganan kerja sama dilakukan, di kantor pusat Yayasan Dompet Dhuafa, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Baca Juga

CEO dan Co-Founder Tani Hub Ivan Arie Sustiawan dan Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi Imam Rulyawan meneken kerja sama tersebut. Adapun bentuk kerja sama yang dijalin terkait dengan penyelenggaraan program sosial yang berbasis edukasi dan teknologi serta kegiatan-kegiatan lainnya yang disepakati oleh kedua belah pihak. 

“Ada kesamaan antara Tani Hub dan Dompet Dhuafa dari sisi social impact. Banyak hal yang bisa kami kolaborasikan karena pada prinsipnya, kami sangat terbuka untuk apapun yang bisa kami lakukan untuk kebaikan, termasuk yang bersifat sosial," kata Ivan dalam keterangan pers, Jumat (19/7). 

Hal senada juga disampaikan oleh Imam Rulyawan, menurut dia Dompet Dhuafa memilih bekerja sama dengan Tani Hub karena keduanya mempunyai kesamaan nilai dalam pandangan sosial, yaitu pemberdayaan masyarakat. Dia menyampaikan, pendekatan teknologi yang dilakukan kawan-kawan Tani Hub sebagai salah satu tawaran solusi agar para petani bisa bertahan di era disrupsi teknologi. 

"Saya yakin dan optimistis, dengan pengalaman Dompet Dhuafa serta pengalaman plus teknologi yang dipunyai Tani Hub, insya Allah hanya menunggu waktu saja petani-petani di Indonesia akan berdaulat," kata Imam. 

Sebagai catatan, kerja sama yang dilakukan yakni mendesain donasi 2,5 persen dari setiap transaksi pengguna di aplikasi Tani Hub. Sebagai tahap awal, Tani Hub akan mendukung program pengadaan hewan kurban yang dikelola oleh Dompet Dhuafa saat memasuki musim ibadah haji dan Hari Raya Idul Adha pada 12 Agustus nanti. 

Melalui program yang bertajuk “Tebar Hewan Kurban” tersebut, Tani Hub akan menyediakan opsi tambahan untuk hewan kurban, yaitu kambing dan sapi dalam aplikasi mulai Senin, 22 Juli 2019 hingga 12 Agustus 2019. Hewan kurban tersebut nantinya akan disalurkan ke seluruh Indonesia dengan target penerima manfaat lebih dari 1 juta jiwa.

Sebagai kelanjutan kolaborasi, Dompet Dhuafa berharap dapat bekerja sama dengan penyedia layanan peer to peer lending Tani Fund yang merupakan sister company dari Tani Hub. Bentuk kerja sama tersebut diharapkan berupa opsi pembiayaan bagi peternak hewan kurban yang dikelola oleh Dompet Dhuafa. Dengan demikian, masyarakat dapat menyalurkan dana kurbannya melalui Tani Fund sejak setahun sebelumnya.

“Para pemberi pinjaman di Tani Fund nantinya diharapkan bisa membantu menambah kapasitas sentra ternak yang ada di tujuh titik di berbagai provinsi di Indonesia. Salah satu peran sentra ternak adalah memberdayakan para peternak kita,” ujar Imam. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA