Sabtu 29 Jun 2019 05:05 WIB

Mau ke Jepang, Kini Ada Hotel Halal Lho

Kehadiran hotel halal bukti keseriusan pemerintah Jepang.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Agung Sasongko
Kota Tokyo
Foto: pixabay
Kota Tokyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Jepang merupakan salah satu negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan Muslim dunia. Pemerintah Negeri Sakura itu juga sudah lama fokus menggarap pasar tersebut. Keseriusan Pemerintah Jepang dalam memikat wisatawan Muslim terlihat dari banyaknya restoran serta hotel yang mengajukan sertifikat halal. Dengan begitu, para pelancong beragama Islam tidak perlu ragu lagi untuk berlibur ke Jepang.

Dilansir Japan Muslim Guide, saat ini sudah ada beberapa hotel halal yang bisa dipilih wisatawan, di antaranya Hotel Granvia Kyoto. Granvia Hotel merupakan hotel Jepang pertama yang memperoleh sertifikat halal dari Malaysia Halal Corporation Co, Ltd (MHC). Dengan begitu, semua makanan di sana telah terjamin kehalalannya. Bahkan, minibarnya bebas alkohol.

Hotel tersebut dilengkapi pula dengan tanda kiblat, sajadah, dan Alquran di setiap kamar. Peralatan mandi, seperti sampo, sabun, serta kondisioner dipastikan halal. Akses ke sana cukup mudah sebab tidak jauh dari Stasiun JR Kyoto. Wisatawan cukup berjalan kaki ke arah Karasuma Chuo-guchi.

Hotel halal berikutnya yakni Hotel Chizanso Tokyo yang memiliki kamar luas. Didesain bak rumah tradisional Jepang, para wisatawan dapat beristirahat secara nyaman di sana. Hotel yang terletak di Bunkyo-ku, Sekiguchi, Tokyo, ini berada di tengah taman kota. Saat musim semi, wisatawan bisa melihat keindahan bunga sakura dari balik jendela kamar.

Restoran Mokushundo di dalam hotel pun dipastikan bebas daging babi. Mereka juga tidak menyediakan minuman beralkohol, seperti sake, bir, dan wine. Berikutnya Sakura Hotel Hatagaya yang berlokasi di Shibuya, Tokyo. Hotel tersebut menjamin wisatawan Muslim dapat beribadah dengan tenang.

Pasalnya, Sakura Hotel menyediakan mushala beserta peralatan shalatnya. Pengunjung bisa pula bersantai di Sakura Cafe Hatagaya yang menyediakan aneka menu halal. Harga kamar hotel berkisar 7.000 yen sampai 9.300 yen, tergantung jenis kamar. Bagi wisatawan yang ingin menginap di sana, hanya perlu berjalan kaki selama satu menit dari Stasiun Hatagaya.

Khusus wisatawan Muslim yang datang ke Osaka, Sheraton Miyako Hotel Osaka bisa menjadi pilihan tempat menginap. Lokasinya tak jauh dari pusat kota sehingga tidak sulit untuk mengunjungi beberapa daerah wisata terkenal, seperti Dotonburi, Umeda, Namba, serta Tennoji. Hotel itu menyajikan menu sarapan halal. Meliputi rice flakes dan papadum. Disediakan juga bento halal di Restoran Uemachi.

Selain dilengkapi tanda arah kiblat di setiap kamar, pengunjung pun dapat meminjam kompas untuk memastikan arah kiblat. Sheraton Miyako Hotel Osaka berkomitmen memberikan berbagai kebutuhan wisatawan Muslim. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement