Sabtu 13 Apr 2019 21:21 WIB

Amalan Menguatkan Keimanan

Keimanan seorang manusia merupakan hal rapuh dan kerap naik turun.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Keimanan/Ilustrasi
Foto:

Dalam QS al-Hud ayat 120 disebutkan, "Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisahkisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman."

Selanjutnya adalah banyak berdoa pada Allah SWT dan perbanyak mengingat Yang Mahakuasa. Dalam QS al- Jumuah ayat 10 Allah bersabda, "Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan cari lah karunia Allah dan ingatlah Allah se ba nyak-banyaknya supaya kamu beruntung."

Ustaz Andre menyebut, banyak mengingat Allah adalah sebuah keber untungan, sementara banyak mengingat manusia adalah kerugian. Jangan sampai sebagai umat yang beriman kita mengingat Allah hanya saat sakit atau kesusahan. Mengingat Allah setiap saat memang perkara sulit, tapi ini harus dibiasakan.

Cara lainnya, yakni merenungi dan mengingat-ingat kenikmatan surga. Ketika mengalami kesusahan di muka bumi, umat ini bisa bersabar dan menjalaninya dengan baik, lalu ia mengingat akan nikmatnya surga bagi orang yang sabar. Dengan begitu, kesusahannya di dunia akan terasa sangat kecil.

Ustaz Andre pun menceritakan kisah keluarga Yasir bin Amir yang merupakan generasi pertama masuk Islam. Setiap hari, keluarga Yasir dibawa ke padang pa sir Makkah yang demikian panas, lalu didera dengan berbagai siksa. Suatu hari, di saat matahari padang pasir tengah membara, di sebuah lapangan terbuka di kawasan kota Mak kah, keluarga ini menerima siksaan tak terperikan. Berhari-hari lamanya sik saan itu telah mereka derita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement