Rabu 10 Apr 2019 12:14 WIB

PPPA Daarul Quran Kembangkan Program Sedekah Produktif

PPPA Daarul Qur'an mengelola program sedekah produktif di berbagai unit usahanya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Dwi Murdaningsih
PPPA Daarul Qur’an mulai membangun jembatan di Desa Patia.
Foto: Dok PPPA Daarul Quran
PPPA Daarul Qur’an mulai membangun jembatan di Desa Patia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PPPA Daarul Qur'an terus berupaya mengembangkan program sedekah produktif yang menjadi program unggulannya. Direktur PPPA Daarul Qur’an Anwar Sani mengatakan kendati pihaknya belum memaksimalkan potensi wakaf produktif, namun PPPA Daarul Qur'an sudah bisa mengelola program sedekah produktif di berbagai unit usahanya.

Salah satu program sedekah produktif yang berhasil dikembangkan adalah agroteknologi bersama petani. Anwar menjelaskan pihak pesantren memberdayakan petani sekitar agar bisa bisa melakukan budidaya berbagai tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan para santri. Pesantren pun membeli langsung hasil pertanian dengan harga di atas harga tengkulak.

Selain itu, Anwar menjelaskan pihaknya juga mengembangkan program sedekah produktif untuk berbagai usaha lainya. Seperti usaha cuci pakaian yang dikelola pesantren.

“Daqu mengembangkan untuk sedekah produktif itu usaha laundry, kita juga kembangkan Daqu mart, travel, katering, kantin, ini menarik dalam menjalankan sedekah produktif,” kata Anwar kepada Republika.co.id pada Rabu (10/4).

 

Sementara itu untuk wakaf produktif, Anwar mengatakan pihaknya memang belum bisa memaksimalkan wakaf produktif. “Wakaf produktif memang belum memaksimalkan, yang ada adalah sedekah produktif yang sudah menjadi beberapa unit usaha,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement