Selasa 13 Nov 2018 06:30 WIB

Abdullah Quilliam Semaikan Ajaran Islam di Inggris

Ia tercatat sebagai orang Inggris pertama yang menjadi mualaf pada abad ke-19.

Abdullah Quilliam
Foto:

Kisah perjalanan Abdullah Quilliam menemukan hidayah Islam, juga perjuangannya menyebarkan Islam di Inggris, telah menginspirasi banyak orang. Tak berlebihan, jika kisah sosok ini diangkat ke sebuah tayangan dokumenter. Judulnya adalah ''Great British Islam''.

Pada Ramadhan lalu, tayangan berdurasi dua jam dalam dua seri ini menghiasi layar televisi BBC London. Pengamat masalah sosial dan kandidat doktor dari Essex University,  Hakimul Ikhwan, mengatakan, tayangan itu tak hanya menambah pengetahuan mengenai sejarah masuknya Islam di Inggris.

''Tapi, juga menggugah perasaan sebagai Muslim untuk mensyukuri dan respek terhadap komitmen Inggris pada prinsip demokrasi, terutama dalam pengertian menjamin kebebasan berekspresi dan berkeyakinan,'' ujar Hakimul, dosen sosiologi Fisipol UGM Yogyakarta, kepada Antara London.

Sebelum ini, tak pernah terbayangkan bahwa tayangan seperti itu bisa hadir di stasiun televisi Inggris sekelas BBC. Menurut dia, "Great British Islam" sangat menginspirasi dan memuat banyak hal yang menarik.  Ia mengatakan, tayangan ini sekaligus membantah tesis atau pandangan para orientalis bahwa Islam berkembang melalui pedang (peperangan).

Sebaliknya, seperti yang terjadi di Inggris dan juga  di Indonesia, Islam sukses berkembang melalui kemampuan "membumikan" nilai dan ajaran Islam sesuai dengan konteks dan kebutuhan masyarakat lokal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement