Senin 05 Nov 2018 18:04 WIB

Asosiasi Islam Regina akan Bangun Masjid di Lokasi Bekas Bar

Bar tersebut rencananya akan diratakan dulu laku meletakkan batu tulis yang baru.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andi Nur Aminah
Munir Haque, Presiden Asosiasi Islam Saskatchewan, menyampaikan kabar kegembira kepada komunitas Muslim di sana tentang rencana pembangunan masjid baru.
Foto: globalnews
Munir Haque, Presiden Asosiasi Islam Saskatchewan, menyampaikan kabar kegembira kepada komunitas Muslim di sana tentang rencana pembangunan masjid baru.

REPUBLIKA.CO.ID, REGINA -- Asosiasi Islam di kota Regina, Saskatchewan, Kanada, akan mengubah sebuah bar menjadi sebuah masjid. Masjid baru tersebut akan dibangun di lokasi sebuah bar bernama Pump Roadhouse. Presiden Asosiasi Islam Saskatchewan, Munir Haque, mengatakan komunitas Muslim di kota tersebut begitu antusias dan gembira dengan rencana pembangunan masjid di sana.

"Kami sedang dalam proses mengakuisisi tempat itu. Tempat ini masih dimiliki oleh pemilik sebelumnya, tapi kami telah mendepositokannya dan kami setuju untuk mengambil alih tempat itu pada akhir tahun," kata Haque, dilansir di Global News, Senin (5/11).

Asosiasi Islam Saskatchewan membuat rencana mereka secara resmi pada Sabtu lalu di lokasi dari struktur yang baru. Begitu mendapatkan tempat itu, Haque mengatakan pihaknya berencana untuk meratakan bangunan dan meletakkan batu tulis yang baru. Sehingga, mereka bisa membangun dari awal. Haque mengatakan, beberapa ruang akan menjadi masjid. Sementara beberapa lahan lainnya akan menjadi ruang hijau. "Saya berharap kita akan memiliki tempat kecil untuk taman agar anak-anak bisa bermain dan juga untuk komunitas," lanjutnya.

Namun demikian, ia mengaku asosiasi belum membahas secara detail dan spesifik bagaimana mereka akan mendesain tempat tersebut. Menurutnya, mereka masih harus mencari tahu lokasi pasti, orientasi, bagaimana parkir dan sirkulasinya. "Ini adalah sesuatu yang akan kami kerjakan dengan para profesional untuk menentukan," ujarnya.

Haque mengatakan, ia menantikan penyelesaian pembangunan masjid baru tersebut. Menurutnya, masjid itu akan menjadi peluang untuk memiliki fasilitas yang dibangun dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan Muslim di sana. Pasalnya, ia mengatakan bahwa mereka telah lama berada di Regina dan komunitas Islam di sana berkembang cukup banyak. "Saya pikir ini adalah kesempatan besar untuk menempatkan jejak kami di Regina dan Saskatchewan selatan," ujarnya.

Masjid ini akan menjadi tempat ibadah pertama yang dibangun untuk umat Muslim Sunni di Regina. Tidak ada batas waktu kapan masjid tersebut akan selesai dibangun. Namun, Haque mengatakan awal pembangunan masjid masih beberapa tahun lagi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement