Kamis 18 Oct 2018 05:00 WIB

David Wharnsby, Pelopor Nasyid Berbahasa Inggris

Alquran menjadi inspirasinya dalam bermusik.

David Howard Wharnsby
Foto:

Nasyid merupakan tradisi musik Arab, yang terinspirasi dari keyakinan monoteistik dan ideologi Alquran. Jenis musik ini biasanya dimainkan dengan akapela atau perkusi yang sederhana. Selama lebih dari 1.400 tahun, bangsa Arab menyanyikan nasyid di festival, perayaan, pernikahan, dan pertemuan religi di seluruh dunia.

Melalui kerjanya selama bertahun-tahun dan ekspresinya dalam bermusik, Dawud Wharnsby dikenal dalam dunia internasional sebagai pelopor nasyid berbahasa Inggris. Dia banyak sekali menulis puisi, lagu, dan merekamnya secara profesional dengan gaya nasyid.

Lagu-lagu tersebut kemudian disebarkannya sebagai wujud kecintaan terhadap tradisi bermusik dan juga untuk menghargai ajaran Alquran. Banyak dari lagu nasyidnya yang diperdengarkan di sekolah-sekolah, masjid, dan rumah-rumah di berbagai belahan dunia. Lagu-lagu itu juga dinyanyikan oleh anak-anak dan keluarga-keluarga di semua benua.

Dawud selalu menunjukkan perbedaan yang jelas antara karya nasyidnya dan karya-karya musik pop Islam yang mulai berkembang dan menjadi populer di kalangan pemuda Muslim di seluruh dunia.

Pendapatan dari hasilnya merekam dan menyebarkan musik-musik nasyid itu, tidak pernah dia gunakan untuk kepentingan pribadi. Dia justru menyumbangkan seluruh royaltinya untuk pendidikan anak-anak. Hal ini dia lakukan untuk menghindarkan diri dari komersialisasi musik-musik religi.

sumber : Islam Digest Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement