Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Abdullah Bin Rawahah, Penyair dan Panglima Rasulullah

Rabu 30 Agu 2017 17:11 WIB

Red: Irwan Kelana

Masjid alumni IPB Bogor setiap hari menggelar kajian Islam. Khusus hari Rabu, masji tersebut menggelar kajian sirah Nabawiyah dengan nara sumber Ustadz Hepi Andi Bastoni.

Masjid alumni IPB Bogor setiap hari menggelar kajian Islam. Khusus hari Rabu, masji tersebut menggelar kajian sirah Nabawiyah dengan nara sumber Ustadz Hepi Andi Bastoni.

Foto: Dok Masjid Alumni IPB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Abdullah bin Rawahah terkenal sebagai penyair. Itulah yang membuatnya sangat menonjol dibanding yang lainnya sebelum masuk Islam.

Dia termasuk mereka yang masuk Islam di awal dakwah dari kalangan Anshar. Ia mengikuti semua peperangan di masa Nabi SAW. Dia terkenal sosok yang sangat taat kepada Nabi SAW dan rajin berpuasa.

Tak hanya itu, Abdullah bin Rawahah juga dikenal sebagai orang yang sangat kuat pendiriannya. Yahudi Bani Nadhir pernah ingin menyogoknya. Dengan kalimat yang sangat tegas, Abdullah tak hanya menolak sogokan itu. Ia juga mengucapkan kalimat yang dicatat sejarah.

“Abdullah bin Rawahah dikenal sebagai penyair dan panglima Rasulullah. Siapakah dia? Untuk mengenal Abdullah bin Ruwahah lebih lengkap, ikuti Kajian Sirah Nabawiyah dan Sejarah Islam di Masjid Alumni IPB Botani Square Bogor, Rabu (30/8) hari ini ba’da Maghrib,” kata Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Alumni IPB Iman Hilman kepada Republika.co.id, Rabu (30/8).

Seperti biasa, kata Iman, Kajian Sirah Nabawiyah dan Sejarah Islam tersebut akan diisi oleh narasumber Ustaz Hepi Andi Bastoni.  Ia adalah mantan wartawan Majalah Islam Sabili yang kini sedang merampungkan S3-nya di sebuah perguruan tinggi di Bogor.

Ia juga aktif menulis buku-buku bertema Sirah Nabawiyah. Buku 101 Shahabat Nabi  Jilid 1 dan 2 karyanya menjadi best seller hingga belasan kali cetak ulang.  “Kajian Sirah Nabawiyah dan Sejarah Islam ini terbuka untuk umum dan gratis. Kami mengundang kaum Muslimin untuk menghadirinya,” ujarnya.

Untuk informasi, setiap hari Masjid Alumni IPB yang berlokasi di Botani Square Bogor, Jawa Barat,  setiap hari menggelar kajian Islam dengan tema yang berbeda-beda dan nara sumber tetap untuk tiap-tiap tema. “Kajian Islam kami gelar setiap hari di Masjid Alumni IPB untuk memasilitasi masyarakat Muslim menggali berbagai ilmu keislaman,” papar Iman Hilman.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA