Rabu 02 May 2018 14:34 WIB

Kajian Masjid Alumi IPB Kupas Hathib Bin Abi Balta’ah

Ia adalah Sahabat yang diutus Rasulullah SAW ke Raja Mesir.

Masjid alumni IPB Bogor setiap hari menggelar kajian Islam. Khusus hari Rabu, masji tersebut menggelar kajian sirah Nabawiyah dengan nara sumber Ustadz Hepi Andi Bastoni.
Foto: Dok Masjid Alumni IPB
Masjid alumni IPB Bogor setiap hari menggelar kajian Islam. Khusus hari Rabu, masji tersebut menggelar kajian sirah Nabawiyah dengan nara sumber Ustadz Hepi Andi Bastoni.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR –  Masjid Alumni IPB, Bogor, hari ini, Rabu (2/5), akan menggelar kajian Sirah Shahabat. Seperti biasa, kajian seri ke-104 ini akan diisi oleh Ketua Pusat Kajian Sirah, Ustaz Hepi Andi Bastoni.

“Kajian tersebut akan digelar di Masjid Alumni IPB, Botani Square, Bogor, bakda Maghrib sampai menjelang Isya,” kata Ketua DKM Masjid Alumni IPB, Iman Hilman, kepada Republika.co.id, Rabu (2/5).

Ustaz Hepi menyampaikan pengantar kajian tersebut sebagai berikut: Hathib bin Abi Balta'ah pernah dianggap melakukan kesalahan besar. Ia membocorkan rahasia negara dengan mengirimkan surat kepada keluarganya di Makkah. Isinya mengabarkan bahwa Nabi ﷺ dan kaum Muslimin berniat menyerang Makkah.

Kesalahan ini amat fatal. Sebab, dengan demikian mementahkan strategi Nabi yang ingin melumpuhkan Makkah tanpa perlawanan. Jika informasi kedatangan mereka ke Makkah bocor, Makkah akan mempersiapkan diri dan perang besar pun di ambang mata.

 

“Hathib telah melakukan kesalahan yang bisa berakibat fatal. Tapi Nabi SAW memaafkannya. Bahkan, mengutusnya ke Raja Mesir. Ada apa? Ini yang akan kita bahas dalam kajian Sirah Shahabat kali ini,” ujar Ustaz Hepi.

Iman mengajak kaum Muslimin untuk beramai-ramai menghadiri kajian Islam di Masjid Alumni IPB. “Yuk, kita simak bersama kajian Sirah Shahabat The Series di Masjid Alumni IPB, Botani Square, Bogor, Rabu, 2 Mei 2018 bakda Maghrib. Pada seri ke-104 ini, Ustadz Hepi Andi Bastoni akan membahas biografi shahabat Nabi, Hathib bin Abi Bal'taah. Hadir, yuk,” tutur Iman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement