Senin 07 Aug 2017 04:21 WIB

Populasi Muslim di Montenegro Terus Bertambah

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Umat Islam di Montenegro
Foto: Wikipedia
Umat Islam di Montenegro

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Abad ke-15 menjadi catatan sejarah yang selalu dikenang Montenegro. Ketika itu, Ivan Crnojevic dikenal sebagai orang yang dituakan di sana. Dia berjuang melawan pemerintahan Venesia yang menduduki Montenegro, tetapi gagal. Ivan yang dikenal sebagai bangsawan Zeta kalah melawan prajurit Venesia.

Pemerintah Venesia kemudian melihat Ivan adalah sosok yang berpengaruh. Dia mampu memobilisasi massa. Ivan kemudian dipercaya sebagai kaki-tangan pemerintahan Venesia di Kota Zabljak, dekat danau Skadar yang kini berdekatan dengan perbatasan Albania dan Montenegro.

Wilayah Montenegro masuk dalam radar ekspansi Turki Usmani pada 1478. Ivan tak tinggal diam. Dia meminta bantuan Italia dan Venesia untuk memperkuat pasukan melawan Turki. Namun, Ivan dan pasukannya ternyata kalah. Mereka kembali ke Montenegro dan menerima kepemimpinan Turki Usmani yang bermarkas di Shkodra.

Putra bungsu Ivan, Stanisa 'Stanko' Crno jevic, kemudian diangkat sebagai perwa kilan pemerintahan Turki (skender beg) di Montenegro, yang diangkat oleh Sultan Selim I. Dia dikenal sebagai Skender Beg Crnojevic. Stanisa menerima dan memeluk Islam.

Montenegro berada dalam kekuasan Turki Usmani hingga awal abad ke-20. Pada 1918, Montenegro bergabung dengan Serbia, Kroasia, dan Slovenia. Kemudian, pada Perang Dunia kedua tahun 1943, Montenegro bergabung dalam wilayah Republik Yugoslavia. Pada 1992, Yugoslavia bubar dan Montenegro bergabung dengan Serbia.

Keberadaan Islam di sana tidak dapat dipisahkan dari Muslim yang berasal dari negara bekas Yugoslavia. Sedangkan, Muslim Yugoslavia merupakan keturunan penduduk Turki Usmani. Ini menandakan masya rakat Turki Usmani dulu banyak berdatang an ke Montenegro. Pada saat Islam masuk, orang pertama yang mengucapkan dua kalimat syahadat adalah kaum muda. Mereka menyadari Islam ada lah agama yang visioner dan akan menjadi kekuatan besar.

Pada 2003, penduduk negeri itu mencapai 672.656 jiwa. Sebanyak 24 persen dari populasi tersebut merupakan pemeluk Islam. Tahun 2011, jumlah Muslim di Montenegro men capai 118.477 jiwa. Angka mereka terus bertambah seiring dengan kelahiran yang meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement