Jumat 21 Jul 2017 07:09 WIB

Semarak Ramadhan di Negeri Matahari Terbit

Acara buka bersama di Jepang
Foto:

Pemerintah Jepang sendiri saat ini sedang gencar mempromosikan dan memfasilitasi Halal Tourisme demi menyambut perhelatan Olympic tahun 2020. Sebagai tuan rumah, mereka berkesempatan mempromosikan wisata kepada negara-negara peserta yang penduduknya mayoritas Muslim. Di pusat-pusat perbelanjaan besar sudah disediakan mushalla meskipun kecil dan harus melalui perizinan ke customer service.

Restoran halal dengan kuliner khas Jepang juga sudah mulai bermuculan. Sedangkan makanan-makanan halal bisa ditemukan di berbagai supermarket. Rata-rata mereka menggunakan sertifikasi dari Malaysia dan beberapa negara lainnya.

Pada 9 Juni lalu, Perdana Menteri Abe Shinzo menggelar acara buka bersama. Duta besar dari 38 negara yang berpenduduk mayoritas Muslim juga turut hadir. Pada acara tersebut dihidangkan menu khas dari masing-masing negara peserta yang hadir. Dalam pidatonya di hadapan hadirin, PM Abe mengatakan bahwa diperlukan untuk menghargai atas hal-hal yang menjadi spirit dalam Islam yang ternyata terdapat kesamaan dengan spirit orang Jepang, seperti mengasihi, menghormati satu sama lain, dan ketulusan.

Ia pun berharap bahwa acara tersebut menjadi kesempatan untuk saling memperdalam hubungan baik yang saling menguntungkan di masa datang seperti diberitatakan website resmi Kementrian Luar Negeri Jepang, http://www.mofa.go.jp/ (9/6). Agenda buka bersama itu sudah diselenggarakan oleh Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri sejak tahun 2005, dengan tujuan mendorong sikap saling memahami antara Jepang dan Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement