Selasa 18 Jul 2017 16:22 WIB

Ruchell Chairman Sy Rasakan Nikmatnya Berpuasa

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Muslim Filipina
Foto: OnIslam.net
Muslim Filipina

Proses belajar yang dinilai Raciles cukup kondusif tersebut memunculkan pertanya an, mengapa Sy hingga saat itu belum bersyahadat.

Raciles menjelaskan mengenai pentingnya syahadat bagi seorang Muslim. Syahadat adalah janji yang sungguhsungguh, disaat seseorang memberi kesaksian bahwa tidak ada yang layak disembah kecuali Allah dan Muhammad SAW adalah utusan-Nya. Setelah berbicara dengan Raciles, malam itu juga Sy berikrar dua kalimat syahadat.

Raciles memberikan nasihat dan arahan kepada Sy agar menguatkan iman sebagai mualaf. Dia menyarankan Sy sering berdoa dan menghadiri kajian agama di Pusat Mualaf. Setiap mualaf belajar shalat menggunakan bahasa Arab.

Belajar shalat memang sulit,kata Sy membeberkan pengalamannya usai praktik shalat. Tetapi, dia merasakan setelah diulang-ulang dalam satu hari sebanyak lima kali, kerumitan yang dia hadapi itu terselesaikan. Bahkan dalam waktu satu pekan dapat lancar membaca bacaan shalat dan mempraktikannya.

Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat, Sy segera memberitahu keluarganya. "Keesokan harinya, saya memberi tahu ibu saya tentang keputusan saya," kata dia.

Setelah mendengar pengakuan dari sang anak, ibunya lama terdiam, meski akhirnya menerima apapun keputusan buah hatinya itu. Jika memang keputusannya adalah rencana tuhan untuknya maka dia tidak dapat mencegah atau menghalanginya berpindah agama.

Ramadhan 2016, Sy kembali berpuasa. Tahun ini adalah puasa perda nanya usai menyandang status Muslim. Seperti umat Muslim pada umumnya, ketika Ramadhan dia bangun sebelum subuh untuk sahur dan shalat.

Kemudian dia berangkat bekerja dan ketika saatnya berbuka puasa dia segera membatalkannya.

Namun, pengalaman berpuasa setelah menjadi Muslim tak sama dari tahun-tahun sebelumnya. Ada perasaan ber beda ketika baru sepekan berpuasa. Men jalani berpuasa sebelum berislam cepat lelah dan kesal.

Padahal dia harus bekerja melayani pelanggan. "Tapi sekarang, Ramadhan pertama saya sebagai Muslim, saya tidak mu dah tersinggung, terasa ringan dan bahagia," ujar dia. Dan satu lagi, Sy merasa lebih dekat dengan Allah. Selain berpuasa, Sy bertekad tekun mempelajari Islam. Tak hanya mendalami pengetahuan tetapi juga belajar Alquran dan cara hidup sebagai Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement