Kamis 23 Mar 2017 13:30 WIB

Mengenal Ragam Mazhab

Rep: Ferry Kinsihadi/ Red: Agung Sasongko
 Dalam Islam dikenal empat mazhab, yakni Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hanbali.
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sementara itu, Mazhab Muktazilah mendorong persoalan agama ke pemikiran yang lebih mendalam dan filosofis. Tokoh mazhab ini adalah Wasi bin Ata. Muktazilah terkenal dengan prinsip lima ajarannya, yaitu tauhid, keadilan, janji dan ancaman, posisi di antara dua posisi, dan amar makruf nahi mungkar. 

Muktazilah juga menganut paham Qadiriyah, yang menegaskan bahwa manusia berkebebasan untuk memilih dan bertindak. Ada juga Mazhab Asy’ariyah yang sering disebut sebagai Ahlusunah wal Jamaah. Pendiri mazhab ini adalah Abu Hasan Ali bin Isma’il al-Asy’ari. 

Sebelumnya, selama 30 tahun ia berpegang pada Mazhab Muktazilah. Namun, ia memutuskan untuk keluar dan membangun mazhab sendiri untuk merespons pandangan-pandangan Muktazilah. Langkah ini juga merupakan pemihakan Asy’ari pada kelompok mayoritas dan berpegang pada sunah. 

Di samping itu, ada Mazhab Maturidiah yang dibangun oleh Abu Mansur al-Maturidi. Ia merupakan pengikut Abu Hanifah. Tak heran jika paham-paham pemikirannya bersinggungan dengan pemikiran Abu Hanifah. Mazhab ini banyak menggunakan rasio, namun tak setinggi Muktazilah dalam menghargai akal. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement