Kamis 09 Feb 2017 16:50 WIB

Abdul-Rauf Pilih Berdoa Ketika Lagu Kebangsaan AS Dikumandangkan

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Agung Sasongko
Chris Wayne Jackson
Foto:
Allah/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keputusannya untuk meninggalkan kompetisi basket NBA membawa perubahan besar dalam diri Mahmoud Abdul-Rauf atau Chris Wayne Jackson. Secara perlahan, ia mulai berkecimpung dalam kegiatan dakwah. Ia membangun sebuah masjid di kota kelahirannya, Gulfport, Mississippi. Bahkan, ia pun menjadi imam di masjid tersebut.

Abdul-Rauf berharap keberadaan bangunan masjid ini akan membawa dampak positif kepada generasi muda di Gulfport yang dikenal sangat dekat dengan obat-obatan dan tindak kriminal. Ia pun kerap menyelenggarakan acara yang melibatkan kaum remaja di Gulfport.

Ilmu pengetahuan bisa membuat seorang budak menjadi raja. Itulah nasihat yang kerap disampaikan Abdul-Rauf kepada para remaja Muslim di lingkungannya.

Dalam setiap ceramahnya, Jackson juga berpesan pada generasi muda Muslim untuk selalu menegakkan ajaran Islam di mana pun mereka berada dan menuntut ilmu sebanyak mungkin. "Kita senantiasa melihat pendidikan sebagai bekal untuk mencari kerja demi keamanan finansial, tapi kita melupakan tujuan utama pendidikan yang seharusnya menjadi bekal bagi seseorang agar bisa bertahan dalam kehidupan," ujarnya.

 

Ia membandingkan pendidikan Barat yang berbasis sekularisme, memisahkan antara negara dan agama. Menurut dia, pendidikan dalam Islam harus mencakup segala aspek kehidupan. "Umat Islam tidak bisa menyingkirkan agamanya ke dalam kloset," kata Abdul-Rauf.

Abdul-Rauf juga menguraikan hasil studi yang dilakukan oleh para profesor di Universitas Harvard dan Universitas Yale. Hasil studi itu menunjukkan bahwa anak-anak Afrika memiliki bakat lebih cepat menangkap pelajaran. "Sejarah membuktikan bahwa orang-orang Afrika dan Muslim adalah para penemu disiplin ilmu modern, seperti aljabar, dan berbagai ilmu pengetahuan lainnya," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement