Selasa 07 Feb 2017 05:22 WIB

Cassie: Ada Kekuatan Luar Biasa dari Alquran

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
mualaf (ilustrasi)
Foto:
shalat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga suatu hari, ia mendengar Saleem, yang sedang berbaring seorang diri di kamarnya, menggumamkan kata-kata yang tak begitu dipahaminya. Bagi Cessie, kata-kata yang keluar dari lisan majikannya itu lebih mirip rapalan dalam bahasa asing, bukan bahasa Inggris. Hal itu disaksikannya rutin setiap hari.

Tidak hanya merapalkan kata-kata. Cassie juga melihat Saleem seperti sedang melakukan suatu gerakan terstruktur, mulai dari berupaya mengangkat dua tangannya lalu mendekapkannya di dada.

Apa yang dilakukan Saleem membuat Cassie mulai mencari tahu seluk-beluk Islam. Sumber pertamanya adalah dari internet.

Saat mengetikkan kata kunci Islam di situs Youtube, Cassie menemukan video yang memperdengarkan kata-kata yang cenderung mirip dengan gumaman majikannya itu.

Video itu juga menunjukkan gerakan yang sekilas mirip dengan apa yang rutin dilakukan Saleem. Bedanya, model dalam video ini merupakan figur yang berfisik normal. Cassie memutuskan untuk mengunduh video shalat tersebut.

Dalam waktu tak lama, Cassie mengetahui bahwa gerakan terstruktur itu adalah shalat. Bagi seorang Muslim, ini merupakan ritual rutin lima kali dalam setiap hari. Cassie menyadari betapa majikannya memiliki tekad tetap menunaikan kewajibannya sebagai seorang Muslim.

Padahal, Saleem sudah berusia tua dan mengidap sindrom alzheimer. Secara medis, Saleem telah kehilangan kemampuan motoriknya yang normal. Ia tak lagi bisa mengingat dengan jelas kenangan masa kanak-kanak, apa pekerjaannya, atau mungkin namanya sendiri.

Hanya untuk makan atau minum, ia memerlukan bantuan perawat. Namun, di atas itu semua, Cassie menyaksikan sendiri bagaimana Saleem tidak pernah meninggalkan shalat lima waktu.

Saya tahu, majikan saya ini seorang yang taat pada agamanya. Hal ini membuat saya ingin belajar banyak (tentang Islam) agar bisa merawatnya lebih baik lagi, kata Cassie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement