Rabu 01 Feb 2017 17:17 WIB

Askar Kauny Ajak Menghafal Surah Al-Waqiah Serentak Sedunia, Yuk Ikut

Aktivitas menghafal Alquran Askar Kauny.
Foto: Askar Kauny
Aktivitas menghafal Alquran Askar Kauny.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Askar Kauny, sebuah yayasan yang berhidmat dalam mencetak generasi Qurani kembali menggelar event hafalan surah Alquran. Setelah meluncurkan program menghafal surah ar-Rahman pada pertengahan tahun lalu, kali ini Askar Kauny kembali menggelar event serupa dengan hafalan surat yang berbeda, surah al-Waqiah.

Direktur Program Askar Kauny Hilal Achmad menjelaskan, ketika hafalan surah ar-Rahman dilombakan akhir tahun lalu, saat itu berkumpul 6.000-an peserta dari seluruh Indonesia. "Inilah yang mendorong diadakannya program menghafal surah al-Waqiah, sebagai apresiasi atas minat masyarakat menghafal Alquran, selain untuk mengajak semua orang di dunia bersama-sama menghafal keseluruhan Alquran beserta maknanya," ujar dia.

Menurut Hilal, setelah menghafal surah al-Waqiah, peserta juga akan didampingi untuk menghafal surah-surah lain dalam Alquran sampai hafal 30 juz. Program menghafal Alquran merupakan program unggulan Askar Kauny. Melalui komunitas Hafizh on the Street, sejak tahun 2014 Askar Kauny aktif menyebarkan virus menghafal Alquran ke seluruh Indonesia, bahkan manca negara. Tercatat sudah lebih dari 10 ribu orang bergabung dalam komunitas ini, dari berbagai negara termasuk Singapura, Hongkong, Jepang, Rusia, Amerika, Inggris, Jerman, Qatar, Mesir, Turki, Macedonia, dan lain-lain.

Pendiri dan pimpinan Yayasan Askar Kauny Bobby Herwibowo berharap agar program ini bisa menjadi sebuah tradisi baik, sunnah hasanah bagi Askar Kauny maupun bagi semua penghafal Alquran. Al-Waqiah dipilih untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin menghafal surat-surat yang masyhur, seperti al-Waqiah, Yasin, al-Mulk, al-Kahfi dan banyak surat lainnya, beserta dengan artinya.

Nantinya, setiap tahun Askar Kauny akan memilih satu surat dari satu juz Alquran untuk dihafal bersama-sama dan kemudian akan dilombakan. Ustaz Bobby berharap kegiatan semacam ini dapat menjadi gerakan bagi Muslimin di tanah air maupun di seluruh dunia untuk sama-sama menghafal Alquran dalam satu semangat.

Dia mengungkapkan di dalam surah al-Qomar ayat 17, 22, 32, dan 40, Allah telah menjamin bahwa menghafal Alquran itu amat mudah. Ustaz Bobby membuktikan sendiri, beberapa penyandang difabel yang ‘kelihatannya’ memiliki kekurangan, nyatanya mereka mudah saja menghafal Alquran. "Yang membedakan masing-masing orang dengan orang lainnya hanyalah keinginan, kesungguhan, dan niat tulus untuk menghafal Alquran," kata dia.

Program menghafal al-Waqiah Serentak Sedunia dapat diikuti oleh siapa saja, yang memiliki aplikasi Whatsapp di ponselnya. Askar Kauny tidak membatasi usia, jenis kelamin maupun latar belakang pendidikan atau pekerjaan. Peserta yang terdaftar setiap hari akan mendapatkan video satu ayat beserta maknanya melalui Whatsapp.

Tim Review pilihan dari Hafizh on the Street Askar Kauny akan memeriksa dan mengoreksi hafalan peserta baik makhraj-nya, tajwid-nya dan makna tiap-tiap ayat. Di akhir periode, peserta akan diberikan sertifikat kelulusan (syahadah) dan berhak mengikuti Wisuda Akbar menghafal surah al-Waqiah yang insya Allah akan diadakan pada bulan Ramadhan 1438 H dan berkesempatan pula meraih hadiah puluhan juta rupiah.

Pendaftaran program menghafal surah al-Waqiah Serentak Sedunia ini dimulai pada 1 sampai 10 Februari 2017. Daftarkan diri Anda menjadi peserta melalui SMS dengan format AlWaqiah#Nama#domisili#jeniskelamin#no.WA, kirim ke 0812 1963 8562

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement