Kamis 21 Sep 2023 22:50 WIB

Hafalkan Alquran di IBF 2023

Metode ini diharapkan bisa membuat masyarakat tergerak menghafal Alquran

Menghafal Alquran di IBF 2023
Foto: Askar Kauny
Menghafal Alquran di IBF 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islamic Book Fair (IBF) 2023 yang tengah berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, tidak sekadar menjadi ajang pameran buku. Lewat ajang tahunan yang kali ini mengangkat tema 'Berakhlak Berprestasi dengan Literasi Islami', Askar Kauny meluaskan dakwah Alquran pada even yang berlangsung 20-24 September 2023. 

Diani Pratiwi, S.E., Direktur Fundrasing Yayasan Askar Kauny menjelaskan tujuan utama kehadiran Askar Kauny di event IBF 2023 ini adalah meluaskan manfaat pembelajaran Alqur’an dengan Metode Kauny.“Kami menghadirkan para santri sepanjang lima hari event berlansung di waktu-waktu strategis untuk mengenalkan Metode Kauny kepada masyarakat yang hadir di IBF tahun ini.” ujar Diani lewat keterangan tertulis kepada Republika, Kamis (21/9/2023).

Diani mengatakan kehadiran santri diharapkan dapat membuat masyarakat tergerak untuk mengenal dan mengamalkan metode ini sebagai cara untuk menghafal Alqur’an beserta artinya dengan mudah dan menyenangkan.“Metode Kauny telah digunakan di 37 Pondok Pesantren Tahfizh dan 109 Rumah Tahfizh (Kauny Quranic School) Askar Kauny yang tersebar di seluruh Indonesia.” jelasnya

Selain itu, Diani menambahkan kehadiran Askar Kauny yaitu untuk mengenalkan program-program yang bemanfaat secara keilmuan Alqur’an dan sosial.“Askar Kauny memiliki 2.933 Santri penghafal Al-Qur’an yang sebagian besar Yatim & Dhuafa serta 126 Guru Al-Qur’an, kami beriktikad untuk mensejahterkan mereka, membuat mereka tetap nyaman mengikuti proses belajar mengajar.” tambah dia.

Sementara itu, Taefuri Rifqi Shihab, Manager Partnership Yayasan Askar Kauny memaparkan melalui IBF tahun ini, Askar Kauny berupaya tetap berada di alur Literasi Qurani. Tujuannya, demi menghadirkan kajian keislaman tematik dan melayani dengan baik jemaah yang hadir.“Kegiatan IBF memiliki semangat yang sama dengan Askar Kauny yaitu melahirkan generasi qurani yang rahmatan lil'aalamin.” ujar Furi ketika ditemui langsung di area IBF.

Furi menjelaskan, Askar Kauny di event IBF ini juga diberi amanat untuk menyediakan dan mengelola mushola bagi ikhwan serta akhwat. Musala ini menurut Furi dapat memberikan manfaat dan memudahkan jamaah mendapatkan akses sholat dengan aman, bersih dan nyaman. Fasilitas pendukung lainnya di dalam mushola ini Askar Kauny menyediakan secara gratis mukena, sarung, air isi ulang, dan box charger.

“Terima kasih Islamic Book Fair, Bank Syariah Indonesia dan Ikatan Penerbit Indonesia IKAPI DKI JAKARTA yang telah mengorganize acara ini, dan mengikutsertakan Askar Kauny di dalamnya,” ujar Furi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement