Selasa 28 Nov 2023 10:23 WIB

Askar Kauny Salurkan Dua Tahap Bantuan ke Gaza

Saat ini, Askar Kauny menyiapkan bantuan tahap ketiga untuk warga Palestina

Bantuan Askar Kauny untuk warga Gaza
Foto: Dok Askar Kauny
Bantuan Askar Kauny untuk warga Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Askar Kauny telah menyalurkan amanah berupa paket makanan 1.000 warga Palestina tepatnya di Hayyul Amal, Khan Yunis, Gaza Selatan. Bantuan tersebut telah diterima pada 31 Oktober 2023 waktu Palestina dalam dua tahap.

"Atas nama rakyat Palestina kami mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Askar Kauny atas dukungan yang tidak terbatas untuk rakyat Palestina yang terpaksa meninggalkan rumah mereka. Kami akan membagikan untuk saudara kita yang keluar dari rumahnya tanpa air, obat dan makanan, semoga Allah membalas pahala atas bantuan kalian. Kami ingin mengingatkan, semakin banyak bantuan yang diberikan maka semakin teguh perjuangan rakyat Palestina,” ujar perwakilan mitra lokal Darul Quran Alkarim Wassunah yang tidak ingin disebutkan namanya.

Kementerian Kesehatan Palestina dan Perhimpunan Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) mencatat sampai Jumat, 24 November 2023 waktu setempat setidaknya ada 14.854 korban tewas, termasuk 6.150 anak-anak dan 4.000 wanita di Gaza.

Korban luka-luka 36.000 orang, dengan sekitar 75% diantaranya adalah anak-anak dan Perempuan serta setidaknya 6.800 warga dilaporkan hilang di Gaza. Sementara di Tepi Barat, tercatat 231 orang tewas, termasuk 53 jiwa anak-anak. Lebih dari 2.750 luka-luka. Sehingga total korban jiwa di Gaza dan Tepi Barat tembus 15.085 jiwa.

 

“Bayangkan kita adalah satu dari 1 juta penduduk Gaza yang tinggal dalam pengungsian dengan kondisi sangat mengerikan. Penuh sesak dengan logistik sangat terbatas. Bahkan jatah minum hanya 1 liter per hari, sedangkan standar internasional minimumnya adalah 15 liter per hari. Banyak saudara kita yang tidak tertampung di pengungsian, mau tidak mau tumpah ruah ke jalanan, memenuhi lorong-lorong dan jalan bawah tanah, hidup dan tidur di tanah, reruntuhan, puing-puing, menunggu keajaiban terjadi, yang datang justru gempuran bom Israel,” ujar Ranus Saputra, direktur Program Yayasan Askar Kauny.

Sementara itu, Ranus menjelaskan, pada tahap ketiga, Ahad, 19 November 2023, Askar Kauny telah menyiapkan 2.000 lebih perlengkapan bantuan berupa popok bayi, pembalut wanita, pembalut orang tua, selimut dan paket makanan (roti kering) untuk pengungsi di Palestina yang akan disalurkan melalui TNI Angkatan Laut dengan estimasi jadwal keberangkatan pada 3 Desember 2023.

“Alhamdulillah kita sudah serah terima bantuan dari Sahabat Qur’an. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh donatur dan muhsinin yang telah memberikan donasi terbaiknya melalu Askar Kauny untuk saudara-saudara kita di Palestina yang kami sampaikan melalui TNI Angkatan Laut. Mudah-mudah segera tiba dan sampai di Palestina. Insya Allah ini sangat bermanfaat dan kita terus membantu lewat doa dan dukungan. Semoga Allah mudahkan perjuangan saudara-saudara kita di Palestina,” jelas Ranus. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement