Senin 08 Jan 2024 16:28 WIB

Menyongsong 1 Dekade, Askar Kauny Ajak Kolaborasi Perluas Dakwah Al-Qur’an

Askar Kauny tahun 2023 telah menorehkan jejak kepada 545.640 penerima manfaat.

Askar Kauny selama satu dekade telah melahirkan generasi qurani melalui jejak dakwah
Foto: dok Askar Kauny
Askar Kauny selama satu dekade telah melahirkan generasi qurani melalui jejak dakwah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Askar Kauny selama satu dekade telah melahirkan generasi qurani melalui jejak dakwah memperluas Metode Kauny dalam menghafal Al-Qur’an di seluruh Indonesia.

Dody Halim, Direktur Utama Yayasan Askar Kauny mengatakan melalui program Ma’had (Pesantren) setidaknya sepanjang tahun 2023, 1.000 lebih santri dari keluarga spesial telah menerima manfaat.

Baca Juga

“Insya Allah, Askar Kauny menginisiasi program Kampung Qur’an Kauny (KQK) di Ma’had Askar Kauny Subang dengan _tagline_ Bahagia Bersama Qur'an untuk menyongsong tahun 2024,” ujar Dody lewat keterangan tertulis, Jumat 5 Januari 2024. 

Dody menjelaskan KQK mendorong keterlibatan aktif santri dalam menularkan _habit_ membaca Al-Qur'an kepada masyarakat sekitar. Mencoba menghidupkan kembali kegiatan-kegiatan positif di masyarakat yang dapat mereduksi benih-benih destruktif, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. 

 

“Melalui KQK kami juga melakukan pemetaan secara bertahap dalam upaya mendorong peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dan pendampingan usaha-usaha produktif yang potensial di sekitar area pesantren. Sehingga Bahagia Bersama Qur'an akan komprehensif terjadi di komunitas yang menjadi target pengembangan program,” jelas Dody.

Sementara itu, Ranus Saputra Direktur Program Askar Kauny memaparkan Askar Kauny sepanjang tahun 2023 telah menorehkan jejak kepada 545.640 penerima manfaat melalui berbagai program baik di dalam maupun di luar negeri. 

“Untuk di dalam negeri melalui program pangan telah memberikan kebaikan untuk 1.331 penerima manfaat di 9 provinsi, 20 kabupaten/kota di Indonesia; telah memberikan beasiswa pendidikan untuk 646 penerima manfaat di 9 provinsi; untuk layanan dakwah telah memberikan kebaikan bagi 10.615 penerima manfaat; Askar Kauny juga telah menyalurkan 609 Al-Qur’an dan 6 Al-Qur’an braile di 3 provinsi; memberikan layanan pendidikan kepada 1.000 lebih siswa di 4 sekolah di 4 provinsi; dan telah memberikan fasilitas infrastruktur bagi 5 unit rumah guru Al-Qur’an, 5 unit MCK & septiktank, 5 unit tempat wudhu, 5 sumur, 1 unit motor di 4 provinsi,” ujar Ranus.

Sementara untuk penerima manfaat di luar negeri Ranus menambahkan, Askar Kauny telah menyalurkan paket makanan dan sanitasi kepada 1.580 penerima manfaat di 3 lokasi di Palestina. Memberikan paket makanan kepada 6.725 penerima manfaat di Turki dan Suriah. Menyalurkan paket makanan dan memberikan pelayanan Kesehatan untuk 412 penerima manfaat di Uganda dan Maroko.    

Kemudian Dody Halim menyampaikan untuk memperluas program dan kebermanfaatan di tahun 2024 Askar Kauny akan menjalin kolaborasi dengan pemangku kepentingan dan kebijakan.

“Pelibatan aparatur pemerintahan penting sebagai landasan formal berjalannya program. Terutama pelibatan aktif masyarakat di area lokasi program sebagai upaya memperbesar persentase keberhasilan program. Selain itu dengan melibatkan lembaga sosial lain yang memiliki visi dan misi sejalan. Terakhir, Askar Kauny membutuhkan dukungan donatur sebagai "bensin" yang menjadi bahan bakar berjalannya program. Sehingga lengkap rasanya kebaikan jariyah ini akan dinikmati bersama,” ujar Dody.

Terakhir Dody mengatakan bahwa 2024 hanya sebuah angka pergantian dari angka sebelumnya, yang terpenting menyikapi setiap perubahan angka, artinya Askar Kauny akan berhadapan dengan berbagai tantangan di depan. 

“Proses adaptif tentu akan terus terjadi karena tantangan yang ada juga terus berubah, karena itu Askar Kauny berkomitmen akan menjadi lembaga dakwah dan filantropi yang luwes dalam koridor dan panduan hukum formal dan syariah. Penguatan SDM sebagai pengelola juga akan terus dilakukan sehingga mencapai target tata kelola yang profesional, akuntabel serta transparan dapat diwujudkan dan dijaga secara konsisten dan tersistem. Askar Kauny bersepakat, sebagai sebuah lembaga dengan program utama dakwah Qur'an, akan berupaya membuat Allah SWT takjub atas kerja-kerja dan ibadahnya tim di dalamnya,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement