Senin 09 Jan 2017 06:31 WIB

Geliat TV Muslim di Luar Negeri

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Cuplikan Being Bilal, program tv Islami di Inggris.
Foto:
Sebuah siaran televisi nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain program reality show, seperti Being Bilal, BMTV menampilkan berbagai variasi program, baik dengan format pendidikan maupun hiburan. Untuk menyasar generasi muda, BMTV memiliki program Teenie Vision, yang berisi soal anak muda Islam yang memberikan inovasi dan inspirasi. Untuk gaya hidup, BMTV memiliki program Halal Kitchen, yang berisi tips dan trik memasak makanan halal.

Sementara untuk program berita dan talkshow, salah satu program unggulan BMTV adalah Talking Booth, yang menampilkan saudara ipar Tony Blair, Lauren Booth, memandu sebuah acara talkshow. Kendati begitu, BMTV tidak meninggalkan sepenuhnya program-program tentang keislaman, seperti program sejarah keislaman hingga tanya-jawab dengan ulama mengenai suatu masalah ibadah.

Jika BMTV baru mengudara pada 2014, lain halnya dengan Iqra TV. Stasiun televisi berbasis satelit dan internet ini telah mengudara sejak akhir 1998. Sejak diluncurkan pada 1998, Iqra TV yang berbasis di Arab Saudi ini telah berkembang pesat. Awalnya, Iqra TV hanya menggunakan bahasa Arab, tapi kini berkembang dengan adanya bahasa Inggris, Bengal, dan Prancis.

Cakupan siaran Iqra TV pun telah berkembang ke seluruh dunia, mulai dari Cina hingga Amerika Utara dan Kanada. Berada di bawah naungan salah satu jaringan televisi dan radio terbesar di Arab Saudi, Arab Radio and Television Network (ART), Iqra TV memang mendapatkan kucuran dana yang melimpah dari sang pemilik, Saleh Abdullah Kamel.

Dalam keterangan di laman resminya, Iqra TV bertujuan untuk memberikan pendidikan Islam ke penduduk selain bangsa Arab dan mengklarifikasi berbagai persepsi buruk tentang ajaran Islam. Selain itu, Iqra TV juga berupaya mengimplementasikan Islam yang moderat, seimbang, fleksibel, dan setara. ''Juga menampilkan Islam yang menolak ekstremisme, radikalisme, dan fanatisme karena Islam adalah agama yang penuh dengan toleransi, cinta, pengampunan, dan beradab,'' tulis keterangan resmi Iqra TV.

Selain diisi dengan program-program keagaman, seperti muratal dan konsultasi mengenai fikih serta hukum Islam, Iqra TV juga menghadirkan berbagai variasi program dengan berbagai perspektif. Salah satunya adalah The Market, yang membahas masalah keuangan syariah. Kemudian, ada pula program dokumenter tentang generasi muda Islam dan permasalahan yang dihadapinya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement