Kamis 06 Oct 2016 19:04 WIB

Siapakah Sosok Nasrudin Khoja?

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi humor sufi Nasrudin Khoja.
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Kisah tentang Nasruddin dikenal hampir di seluruh pelosok dunia, tersebar di antara suku-suku di negara Turki, Persia, Arab, Afrika, dan di sepanjang Jalur Sutra dari Cina ke India, bahkan hingga Eropa.

Kebanyakan kisah Naruddin merupakan produk humor kolektif yang tidak hanya berasal dari Turki, tetapi juga dari daerah lain di dunia Islam dan budaya Asia. Nasruddin dikenal dengan nama-nama yang berbeda di dunia.

Di Turki, dia dikenal dengan nama Nasreddin Hoca, di Kazakhstan dia disebut Koja Nasreddin, di Yunani dia dikenal sebagai Nasreddin Hoja, sedangkan di Azerbaijan, Afghanistan, dan Iran dia dipanggil dengan nama Molla atau Mulla Nasruddin.

Dalam cerita rakyat masyarakat Arab di Timur Tengah dan Afrika Utara, dia dipanggil Juha. Beberapa ejaan dari bentuk bahasa Arab nama Nasruddin adalah Nasreddin, Nasr ed-din. Pada tahun 1996, nama Nasruddin ditetapkan sebagai Tahun Nasreddin Hoca oleh UNESCO.

Cerita tentang Nasruddin adalah kisah humor yang paling populer di seluruh wilayah yang dipengaruhi oleh Turki-Islam, mulai dari wilayah Balkan hingga ke wilayah-wilayah yang berbahasa Turki di Asia Tengah dan di daerah lain di dunia Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement