Kamis 06 Oct 2016 19:04 WIB

Siapakah Sosok Nasrudin Khoja?

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi humor sufi Nasrudin Khoja.
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kisah-kisah yang mengacu pada Nasruddin, dapat ditemukan dalam naskah-naskah kuno abad ke-15. Kisah paling awal mengenai dirinya ada pada Ebu'l-Khayr-i Rumi's Saltuk-name tahun 1480 Masehi, yang tercantum dalam kisah anekdot.

Menurut anekdot tersebut, Nasruddin merupakan seorang darwis dari Seyyid Mahmud Hayrani di Aksehir, yang terletak di barat laut Turki modern. Terdapat pula anekdot lain tentang dirinya, yang dikutip dalam buku berjudul Leta'if yang ditulis Lami Celebi.

Memang tak ada kesepakatan di antara penulis sejarah dalam mengungkapkan identitas nyata Nasruddin Khodja. Namun, Lami Celebi menganggap Nasruddin sebagai Sheyyad Hamza, yang hidup pada abad ke-14. Ada pula sebuah kisah yang pernah menjadi diskusi panjang di Eropa.

Tersebut, seorang petualang Turki, Evliya Celebi, yang mengunjungi makam yang dianggap sebagai makam Nasruddin di Aksehir pada abad ke-17. Di makam itu, terdapat kutipan sebuah anekdot, yakni Nasruddin digambarkan sedang bersama-sama dengan penguasa Mongol Timur Leng.

Beberapa abad kemudian, Huseyin Efendi, seorang mufti dari Sivrihisar yang hidup pada abad ke-18, menulis buku berjudul Mecmua-i Maarif. Dalam buku itu, diungkapkan bahwa Nasruddin lahir pada 1208 di Desa Hortu di wilayah Sivrihisar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement