Selasa 19 Jul 2016 02:18 WIB

7 Ciri Mukmin Sukses

Shalat khusyuk (ilustrasi).
Foto: blog.uns.ac.id
Shalat khusyuk (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Imam Nur Suharno

Setiap Mukmin pasti berharap dapat meraih kesuksesan dalam hidup, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Sebagaimana doa yang selalu dipanjatkan. "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka." (QS al-Baqarah [2]: 201).

Dalam Alquran surah al-Mukminun [23] ayat pertama, Allah SWT memberikan kepastian dan jaminan kesuksesan hidup di dunia dan akhirat kepada orang-orang yang beriman (Mukmin). Seperti apa ciri-ciri orang Mukmin yang akan meraih kesuksesan hidup itu?

Pertama, khusyuk dalam shalat. Karena shalat yang khusyuk akan memberikan pengaruh dalam mencegah setiap perbuatan yang buruk. "Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar." (QS al-Ankabut [29]: 45).

Kedua, menjaga perbuatan dan perkataan. Karena ia menyadari bahwa Allah sangat murka kepada orang yang mengatakan sesuatu tetapi ia sendiri tidak melakukannya (QS ash-Shaf [61]: 2-3), dan melarang seseorang menyuruh orang lain mengerjakan kebajikan tetapi ia sendiri meninggalkannya (QS al-Baqarah [2]: 44).

Ketiga, menunaikan zakat. Zakat membersihkan jiwa dari sifat kikir. Kikir sebagai tabiat manusia (QS al-Ma'arij [70]: 19), yang dengannya ia diuji. Kikir adalah salah satu sifat yang dapat merusak kehidupan umat manusia. "Tiga hal yang akan merusak manusia: kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, dan manusia memandang hebat akan dirinya." (HR Thabrani).

Keempat, menjaga kemaluan. Rasulullah SAW menegaskan, "Barang siapa yang bisa menjamin untukku apa yang ada di antara dua rahangnya (lisan), dan yang ada di antara kedua pahanya (kemaluan), maka aku akan menjaminnya masuk surga." (Muttafaqun'alaih).

Kelima, memelihara amanah. Rasulullah SAW mengingatkan, kepada setiap Muslim agar selalu menjaga amanah yang diberikan kepadanya. "Tunaikanlah amanat terhadap orang yang mengamanatimu dan janganlah berkhianat terhadap orang yang mengkhianatimu." (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Keenam, menunaikan janji. Allah SWT berfirman, "Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah itu sesudah meneguhkannya…" (QS an-Nahl [16]: 91).

Ketujuh, menjaga shalat. Dalam konteks berharganya shalat, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Barang siapa yang terlepas satu shalatnya, seolah-olah ia telah kehilangan seluruh keluarga dan hartanya." (HR Ibnu Hibban). Semoga Allah membimbing kita agar menjadi orang Mukmin yang selalu menghiasi diri dengan ciri tersebut dan dapat meraih jaminan kesuksesan hidup. Amin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement