Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Kemenag Imbau Masjid Sempurnakan Arah Kiblat Saat Rashdul Qiblah

Kamis 14 Jul 2016 23:28 WIB

Red: Bayu Hermawan

Kakbah, kiblat sholat umat Islam dari seluruh dunia

Kakbah, kiblat sholat umat Islam dari seluruh dunia

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau masyarakat Muslim, dan pengurus masjid untuk menyempurnakan arah kiblat saat peristiwa Rashdul Qiblah, Jumat (15/7) sore.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Nizar Ali di Yogyakarta, Kamis, mengatakan sesuai data astronomi peristiwa Rashdul Qiblah atau momen posisi matahari tepat melintas di atas kabah terjadi pada 17 Juli pukul 16.27 WIB.

"Kami mengimbau masyarakat khususnya pengurus masjid dapat memanfaatkan momen itu untuk meluruskan kembali arah kiblat," katanya.

Menurutnya pada saat matahari tepat di atas kabah, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus pada tanggal jam tersebut akan mengarah tepat ke Kabah.

"Tidak setiap tahun ada peristiwa semacam itu. Untuk tahun ini kebetulan terjadi dua kali," ujarnya.

Nizar mengatakan penyempurnaan arah kiblat cukup berpengaruh pada kesempurnaan shalat. Sementara, selama ini banyak masjid yang dibangun dengan desain yang bagus, namun arah kiblatnya ternyata belum pas.

Dari 7.000 masjid di lima kabupaten/kota DIY, menurut dia, hingga saat ini baru 50 persen yang telah memiliki sertifikat arah kiblat dari Kementerian Agama.

"Sehingga kami mengimbau bagi pengurus masjid yang belum pernah melakukan pembenaran arah kiblat agar memanfaatkannya, sebab caranya cukup sederhana dan tidak memerlukan alat yang canggih," kata dia.

Fenomena Rashdul Qiblah terjadi pula pada 27 Mei 2016 pada pukul 16.18 WIB.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA