Senin 07 Mar 2016 16:46 WIB

Belajar dari Thawus, Ulama yang tak Mempan Disogok

Rep: C62/ Red: Achmad Syalaby
Harut dan Marut menurut pendapat ulama adalah dua malaikat (Ilustrasi)
Foto:

 Beberapa hari setelah itu, sang gubernur itu mengutus dua orang dan diikuti pula oleh utusan yang membawakan hadiah untuk Thawus. Tujuannya adalah mengambil kembali hadiah yang tempo hari diberikann kepada Thawus.

Agar tidak ketahuan kelicikannnya. Sang gubernur meminta utusannya untuk berkata. “ Bahwa utusan Thawus dahulu keliru menyerahkan harta itu kepada Anda. Sebenarnya harta itu untuk orang lain.” Katanya. “Untuk itu sekarang kami datang untuk menariknya kembali dan menyampaikannya kepada orang yang benar.” Kata pengawal itu kepada Thawus.

Meski tidak tahu bahwa pertanyaan itu adalah jebakan untuk menjatuhkan martabatnya. Thawus menjawab dengan tenang dan apa adanya.  “Aku tidak menerima apa-apa dari amir, apanya yang harus aku kembalikan?” Namun, kedua pengawal itu bersikeras dan meminta Thawus segera mengembalikannya.  “Tapi anda telah menerimanya.” katanya lagi.

Thawus menoleh kepada utusan gubernur dan bertanya. “Benarkah aku telah menerima sesuatu darimu?” Utusan itu gemetar karena takut lalu menjawab: “Tidak, tetapi saya menaruh uang itu di lubang dinding tanpa sepengetahuan Anda.” katanya.Thawus berkata, “Coba lihatlah di tempat tersebut!”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement