Jumat 14 Feb 2020 14:03 WIB

Awal Mula Pendirian Ibu Kota Mesir (2)

Pemilihan ibu kota Mesir diinisiasi oleh sahabat Nabi.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Awal Mula Pendirian Ibu Kota Mesir (2). Foto: Suasana Lapangan Tahrir atau Tahrir Square di Kairo, Mesir, Jumat (27/9).
Foto: EPA/Khaled Elfiqi
Awal Mula Pendirian Ibu Kota Mesir (2). Foto: Suasana Lapangan Tahrir atau Tahrir Square di Kairo, Mesir, Jumat (27/9).

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Para sejarawan berselisih pendapat tentang asal usul nama Fusthat. Dalam buku Fath al-Arab li Mishr karya Butler disebutkan, kata fusthat diambil dari kata Yunani yakni fussatum yang berarti kota yang terjaga. Ia menyebutkan alasan bahwa bangsa Arab mengambil kata ini dari orang-orang Romawi saat peperangan mereka di Syam.

Pendapat Butler ini merupakan pendapat yang paling familier setidaknya hingga waktu dekat ini. Istilah Fusthat yang non-Arab dan diarabkan oleh bangsa Arab karena memiliki arti yang sesuai dengan perjalanan sejarah yang menyertai kota tersebut.

Baca Juga

Hal tersebut juga didukung bahwa bangsa Arab mengambil banyak istilah Yunani dan Latin dan menggunakannya. Namun pendapat ini runtuh ketika ada pendapat lain yang mengatakan, kata fusthat merupakan kata asli dari bahasa Arab yakni al-fusthat yang berarti tenda atau kota.

Sebab, Amr bin Ash pernah mendirikan kamp di wilayah tersebut saat hendak mengepung benteng. Maka pendapat ini umumnya sangat diakui oleh sejarah Islam ketimbang pendapat yang dilontarkan Butler.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement