Rabu 10 Feb 2016 15:03 WIB

Sejak Dulu, Suriah Diperebutkan Babilonia Hingga Romawi

Rep: Marniati/ Red: Achmad Syalaby
Reruntuhan kota kuno Babylonia dengan latar belakang salah satu istana mantan Presiden Iraq Saddam Husein di Irak.
Foto:

Selama milenium kedua sebelum Masehi, Suriah diduduki berturut-turut oleh bangsa Kan'an, Funisia, Aram, Mesir, Sumeria, Assyria, Babilonia, dan Het. Kemudian, Suriah dikuasi oleh Persia dan dilanjutkan oleh negara-negara lain hingga masa perang dunia.

Kerajaan Babilonia pernah menduduki  Suriah ketika Hammurabi, raja keenam dari Dinasti Babilonia memerintah pascapenaklukkan kerjaan Mari. Kerajaan Babilonia merupakan negara kuno di selatan Mesopotamia (sekarang Irak) di wilayah Sumeria dan Akkadia.

Kemudian, pada 732 SM Suriah menjadi wilayah jajahan kerajaan Assyria yang saat itu dipimpin Raja Tiglath Pileser III. Kerajaan Assyria dimulai pada 934 SM dan berakhir pada 608 SM. Selama periode ini, Assyria diasumsikan sebagai negara kuat dan berlomba dengan Babilonia.

Pada 572 SM Damaskus jatuh ke tangan Nebuchadnezzar dari Babilonia baru. Tak lama kemudian, pada 538 SM Damaskus berhasil direbut oleh raja Cyrus dari Persia dan dijadikan sebagai ibu kota pemerintahan dan markas militer provinsi Suriah.

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement