Ahad 24 Jan 2016 12:03 WIB

Pengumuman: Shalat Berjamaah Tepat Waktu Gratis Kopi

Rep: Andrian Saputa/ Red: Ilham
Secangkir kopi
Foto: ist
Secangkir kopi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Banyak cara yang dilakukan untuk memotivasi orang agar mau beribadah. Pengurus Masjid KH Mochammad Muchtar, Surabaya, misalnya. Masjid ini punya cara unik untuk memancing warga agar melaksanakan shalat berjamaah tepat waktu. 

Seperti apa? berikut kisahnya.

Saat jamaah shalat Maghrib hendak membubarkan diri, Abdul Kholik (52), salah satu pengurus masjid maju ke depan dan berdiri di dekat mimbar khutbah Masjid. “Silahkan kepada jamaah kita ngopi-ngopi dulu,” Kholik mengajak jamaah untuk berkumpul bersama menikmati kopi yang telah disediakan.

Segera setelah itu, beberapa jamaah membentuk kholaqoh (berkumpul dengan posisi melingkar) dekat pintu masuk Masjid. Dengan tangannya, Kholik meracik sendiri kopi hitam dan menyuguhkannya ke masing-masing jamaah. Suasana pun menjadi cair.

Sambil menyeruput kopi yang hangat. Jamaah diajak berdiskusi seputar keagamaan dan Kholik sendiri yang memimpin diskusi itu. Ia memberikan selebaran berisi tulisan petikan dari ayat-ayat suci Alquran serta beberapa butir doa-doa pendek. Kholik menjelaskan kepada jamaah tentang makna dan hikmah dari ayat-ayat yang dibacakan. Sesekali jamaah menghiasi diskusi dengan pertanyaan-pertanyaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement