Ahad 13 Dec 2015 17:40 WIB

Lima Rekomendasi ICMI untuk Indonesia

Rep: M Nursyamsi/ Red: Agung Sasongko
Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) 2015 terpilih, Jimly Asshiddiqie, menyampaikan sambutannya saat penutupan Muktamar VI dan Milad ke-25 ICMI di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Ahad (13/12).
Foto:
Kebakaran Hutan

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM --  ICMI menyoroti bencana lingkungan sepanjang 2015, akibat tidak janggungjawabnya pelaku usaha di bidang perkebunan, dan kegagalan pemerintah mengantisipasi dampak pembakaran hutan dan lahan perkebunan yang telah membuat jutaan warga Indonesia terpapar kabut asap.

"Pencegahan pembakaran hutan dan lahan di masa mendatang harus menjadi prioritas dibarengi dengan penguatan kapasitas pengendalian dan pemadam kebakaran hutan," paparnya.

Upaya membangun kehidupan sosial yang bermartabat, ia katakan, juga mencakup aspek kesehatan. Untuk itu, perlu adanya peningkatan pelayanan jaminan kesehatan seperti BPJS, dan promosi hidup sehat perlu menjadi prioritas.

Begitu pula dengan aspek sosial lainnya seperti, perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, anak jalanan, penanganan korban narkoba dan HIV Aids, penanganan dan pemberdayaan korban bencana, hingga penumbuhan solidaritas sosial di berbagai aspek masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement