Jumat 27 Nov 2015 16:25 WIB

Yuk, Kenali Makna Al-Rahman dan Al-Rahim

Kaligrafi Bismillah
Foto:
Allah ada dimana-mana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di dalam kitab-kitab tafsir dibedakan sifat-sifat rahmat Tuhan ke dalam dua bagian, yaitu Rahmat Rahmaniyyah dan Rahmat Rahimiyyah. Yang pertama bersifat memberi rahmat kepada seluruh makhluk-Nya tanpa membedakan jenis dan tingkatan (maratib).

Mulai dari benda-benda alam, tumbuh-tumbuhan, binatang, dan manusia tanpa dibedakan antara beriman dan kafir, semua mendapatkan Rahmat Rahmaniyah, sebagaimana dijelaskan di dalam Alquran surah al-A'raf ayat 156, Rahmati wasi'at kulla syai'in (Rahmat-Ku meliputi segala sesuatu).

   

Rahmat Rahmaniyyah melimpah kepada seluruh makhluk dan hamba-Nya tanpa dibedakan orang kafir atau beriman. Siapa pun yang berusaha untuk mendapatkan rahmat-Nya akan dipenuhi-Nya, sungguhpun orang itu kufur dan pendosa. Yang penting mereka sudah memenuhi persyaratan universal sudah berhak untuk mendapatkannya.

Itulah sebabnya banyak kita jumpai orang-orang selayaknya mendapatkan azab, tetapi mendapatkan rezekinya. Tentu, berbeda dengan Rahmat Rahimiyah, yang penjelasannya akan diuraikan dalam artikel mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement