Jumat 11 Sep 2015 14:08 WIB

Jamaah Masjid Istiqlal Shalat Istisqa

Rep: c27/ Red: Indah Wulandari
Ribuan umat muslim melaksanakan salat minta hujan (Istisqa) di Alun-alun Ciamis, Jawa Barat, Kamis (10/9).
Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Ribuan umat muslim melaksanakan salat minta hujan (Istisqa) di Alun-alun Ciamis, Jawa Barat, Kamis (10/9).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hingga saat ini, sebagian besar area di Indonesia mengalami kekeringan karena belum kunjung turun hujan. Maka, Masjid Istiqlal pun mengadakan shalat Istisqa di teras raksasa setelah pelaksanaan shalat Jumat.

"Kita sudah pada kekeringan, Nabi Muhammad itu biasanya seperti itu, mengadakanshalat Istisqa, tapi di lapangan, bukan di masjid. Makanya kita buat di teras raksasa, seperti lapangan kan itu," ujar Ketua Takmir Masjid Istiqlal Adnan Harahap, Jumat (11/9).

Shalat Istisqa dilaksanakan setelah berlangsungnya shalat Jumat di aula utama Masjid Istiqlal. Para jamaah shalat Jumat diminta untuk berpindah tempat menuju teras raksasa yang berada di samping aula utama.

Terlihat jamaah pria mendominasi, dan ada beberapa jamaah wanita yang mengikuti shalat istisqa. Mereka rela tersengat sinar matahari untuk ikut meminta turunnya hujan di tanah Indonesia dan memohon ampunan atas segala kesalahan yang diperbuat.

Dipimpin oleh Al-Hafidz Haji Rofuuddin sebagai imam shalat Istisqa, jamaah khusyuk mengikuti tiap gerakan imam. Kemudian setelah shalat berakhir, jamaah menyimak ceramah yang disampaikan oleh khatib, Imam Besar Masjid Istiqlal Ali Mustafa Yakub. Shalat istisqa pun ditutup dengan lantunan istigfar dan doa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement