Senin 12 May 2014 18:38 WIB

Kasidah Gambus dan Rebana (2)

Alat musik rebana.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Alat musik rebana.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada awal tahun 1970-an, musik gambus di Indonesia berkembang dengan baik. Biasanya, gambus diiringi dengan alat-alat musik yang terdiri atas biola, seruling, gendang, dan tabla.

Salah satu orkes gambus yang terkenal pada awal tahun 70-an ialah Orkes Gambus El-Surayya di bawah pimpinan Almarhum Prof Ahmad Baqi.

Tidak hanya di Indonesia, masyarakat Melayu Sabah juga giat mengembangkan gambus. Tokoh musik pada waktu itu adalah Tuan Haji Umar Sidik, pendiri kelompok gambus Gelora Dakwah pada tahun 1975 dan juga Tuan Haji Jalidar bin Abd Rahim, pendiri kelompok Noor El-Kawakib pada tahun 1978.

Akan tetapi, pada era modern ini, keberadaan gambus semakin tersingkir oleh musik-musik modern. Boleh jadi hanya masyarakat Melayu Brunei yang masih memelihara tradisi pementasan gambus.

Kerajaan Brunei Darussalam memberikan perhatian yang besar pada warisan seni musik ini melalui festival-festival dalam skala nasional dan internasional. Adapun di Indonesia dan Malaysia, gambus lebih akrab dengan museum daripada dengan masyarakat.

Dalam pandangan Tengku Irham, satu-satunya jalan untuk menyelamatkan warisan kesenian tradisonal Indonesia adalah kemauan kuat dari pihak pemerintah. Musik tradisional akan semakin redup jika terus dibiarkan tergilas maraknya musik-musik modern yang komersial.

"Memang, musik gambus akan tetap bertahan. Tapi, ya hanya sekadar bertahan, tidak berkembang. Oleh sebab itu, semua pihak harus membangun kesadaran untuk menyelamatkan warisan khazanah budaya kita," imbaunya.

sumber : Dok Rep/Rid
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement