Selasa 09 Jul 2013 22:38 WIB

Islam Berseri di Kota Judi

macau
Foto:

Masjid tunggal

Meski jumlah muslimin Macau terus bertambah, namun hanya ada satu masjid yang menaungi mereka. Masjid Macau atau Mosquita de Macau demikian nama masjid yang berlokasi di Ramal Dos Moros tersebut. Kawasan masjid berada merupakan pusat kota yang amat ramai dan banyak menjadi arena perjudian. Oleh karenanya, keberadaan masjid teramat istimewa karena berdiri di antara tempat-tempat gemerlap perjudian.

Ukuran masjid hanya sekitar 6,5 kali 12 meter, ukuran yang amat kecil jika dibandingkan jumlah muslimin Macau. Masjid pun terlihat sangat mungil dibandingkan lokasi hiburan malam dan perjudian. Di depan masjid terdapat gerbang tinggi yang seringkali ditutup karena sepi pengunjung. Meski selalu menghelat shalat lima waktu, masjid tersebut baru terlihat ramai saat shalat Jumat, saat akhir pekan dan saat hari raya. Pasalnya, di hari biasa muslimin sibuk bekerja dan tak sempat dan tak terjangkau jika harus pergi ke masjid untuk menunaikan shalat lima waktu.

Menurut halaman web islamicfinder, Masjid Macau dibangun pertama kali oleh muslimin yang datang bersama pasukan Portugis. Muslimin tersebut direkrut tentara Portugis dari kawasan India seperti Bombay dan Karachi, serta dari Pakistan. Saat mereka datang bersama Portugis, mereka pun mendirikan sebuah masjid di tahun 1980-an. Pada tahun 2007, masjid tersebut diperluas dan dimodernisasi oleh muslim Macau seperti yang disaksikan hingga kini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement